Tertahan di Pinang, Imigran Demo IOM dan UHNCR

0
152
Imigran saat demo di halaman kantor IOM, Senin (5/8).

TANJUNGPINANG – Ratusan warga detensi Imigrasi yang kini dinapkan di Bhadra Resort, Bintan demo ke kantor International Organization for Migration (IOM) jalan Peralatan, Batu 7 Tanjungpinang, Senin(5/8).
Para Imigran yang berasal dari berbagai negara diantaranya Afganistan, Somalia, Sudan, Irak dan Yaman menuntut untuk diberangkatkan segera ke negara tujuan mereka.

Ratusan Imigran ini datang ke depan kantor IOM dengan menggunakan 13 angkutan Kota (Angkot). Setibanya di halaman kantor IOM, mereka membentangkan spanduk yang bertuliskan tuntutan mereka.
Kedatangan para pedemo ini ke Kantor IOM dikawal oleh aparat Polres Tanjungpinang dan dari Polres Bintan.

Kedatangan para imigran ini meminta IOM dan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) selaku badan yang menangani pengungsi di Persatuan bangsa-Bangsa (PBB) untuk memulangkan mereka ke negara ketiga Australia, Kanada dan Amerika karena mereka sudah menunggu antara 3 sampai 7 tahun, tapi tidak kunjung dipulangkan.

Meski sudah demo, namun tidak satupun perwakilan IOM dan UNHCR yang menemui pengunjuk rasa. Menurut Alzober Pasha (27), penerjemah pengunjuk rasa menyebutkan, para warga detensi ini akan terus menggelar unjuk rasa apabila tidak ada penjelasan dari pihak IOM dan UNHCR selaku yang bertanggungjawab atas keberadaan mereka yang dipaksa menunggu di Indonesia.

“Selama ini, kami hanya makan dan tidur menunggu jawaban dari IOM dan UHNCR. Kami memiliki masa depan untuk keluarga dan lain sebagainya,” ujar Alzobier.

Pria yang berasal dari negara Sudan ini juga menyebutkan, selama ini mereka sudah meminta kepada IOM untuk memulangkan mereka ke negara tujuan. Namun, hingga saat ini permintaan tersebut seakan tidak digubris. Malah, pihak IOM meminta agar mereka selalu bersabar dan tetap menunggu.

“Kami sudah capek dengan keadaan seperti ini, tidak ada solusi dari IOM,” katanya.(jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here