Tertibkan, Panwascam Bintim Pilih APK

0
112
Terlihat APK yang berdiri tegak di Kampung Sembat atau Jalan Sembat. F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

KIJANG – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Bintan Timur (Bintim) dinilai tidak adil disaat menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) milik calon legislatif (caleg) 2019 ini. Sehingga mengundang hujatan hingga pertanyaan yang dilontarkan dari netizen di salah satu media sosial (medsos), yaitu Facebook.

”Panwascam Bintim jangan pilih kasih tertibkan APK,” kata salah satu netizen di akun Facebook pribadinya.

Kemudian banyak netizen yang menanggapinya. Salah satunya tanggapan yang disampaikan netizen. ”Hari gini masih pilih kasih. Di mana letak keadilan itu,” kata yang lainnya.

Pantauan Tanjungpinang Pos, beberapa titik di luar zona pemasangan APK yang ditentukan, seperti Jalan Sembat, Jalan Sei Datuk sampai dengan perkampungan Sei Datuk, Kelurahan Kijang, kondisi APK ini masih berdiri tegak. Ada APK berdiri hingga terpajang di pinggir jalan protokol, APK dipasang di tembok bangunan sampai dengan depan rumah warga.

Ada sembilan titik zona pemasangan APK yang diperbolehkan, mulai dari sepanjang Jalan Nusantara Km 23 sampai simpang depan koperasi TKBM, sepanjang Jalan Raja Ali Haji sampai dengan Kantor KUA Bintim, sepanjang Jalan Barek Betawi sampai simpang PT Antam, sepanjang Jalan Wacopek sampai Waduk PDAM Kolong Enam, sepanjang Semen Tekojo dan sepanjang Jalan Sri Bayintan sampai simpang ABG.

Ketua Panwascam Bintim, Dedi Sulistyo mengatakan, mengacu surat edaran penertiban yang diterimanya, waktu penertiban APK berlangsung dua hari terhitung sejak Selasa (12/3) sampai dengan Rabu (13/3).

Memang, lanjut Dedi, masih ada APK milik caleg yang belum sempat ditertibkan. Seperti APK berada di Jalan Sei Datuk dan Kampung Sei Datuk.

Sebelum ditertibkan, pihaknya sudah berupaya kepada pemilik APK untuk diturunkan APK tersebut. Apabila tidak diindahkan, maka pihaknya yang langsung menertibkan APK tersebut.

”Yang belum, sore ini kita tertibkan APK lagi,” kata Dedi kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (13/3).

Katanya, di daerah persimpangan Jalan Sembat diperbolehkan. Alasannya, daerah tersebut masih masuk wilayah pemasangan APK.

”Masyarakat saja yang tidak tahu. Maunya tanya ke kita. Datang ke kantor, nanti kita jelaskan,” ucap dia.

Seharian pihaknya sudah menertibkan sekitar 139 APK milik caleg di wilayah Kecamatan Bintim, yang terdiri dari empat kelurahan. Di wilayah Kelurahan Sei Enam, pihaknya menertibkan 6 APK, wilayah Kelurahan Gunung Lengkuas sebanyak 27 APK, Kelurahan Sei Lekop sekitar 20 APK dan Kelurahan Kijang Kota sebanyak 86 APK.

Kebanyakan, kata dia, APK sudah ditertibkan melebihi kuota yang ditentukan. Misalnya, parpol memiliki 7 APK yang di pasang satu wilayah kelurahan tersebut. Sementara jatah atau kuota yang didapat parpol hanya 5 APK khusus jenis baliho.

”Jadi, kita tertibkan 2 APK jenis baliho. Begitu juga dengan APK jenis spanduk. Kuota untuk spanduk sebanyak 10 per kelurahan per parpol,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here