Terumbu Karang Bukan Untuk Pondasi Rumah

0
622
PONDASI: Salah satu gudang menggunakan pondasi yang menggunakan terumbu karang. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG

ANAMBAS – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Anambas desak masyarakat hentikan penggunaan terumbu karang sebagai bahan pondasi rumah di atas laut. Disinyalir, terumbu karang di kawasan perairan Anambas habis dicuri dan berakibat rusaknya ekosistem bawah laut. Hal itu sangat disayangkan, karena masyarakat dan pemerintah yang masih memanfaatkan terumbu karang akan berdampak serius bagi kelangsungan sumberdaya kelautan.

Kini, beberapa pondasi rumah serta bangunan fasili tas umum milik pemerintah masih terlihat menggunakan bahan terumbu karang. Sejauh ini, belum ada tindakan yang tegas terhadap pelaku perusakan lingkungan seperti terumbu karang, pasir pantai maupun batu karang. Untuk membuktikan pelaku perusakan terumbu karang sangat sulit. ”Saya hanya prihatin saja melihat terumbu karang digunakan sebagai pondasi bangunan rumah masyarakat, dan hingga saat ini untuk membuktikan pelakunya belum ditemukan,” ungkap Hafis Riandy, Ketua KNPI Anambas, Rabu (26/7).

Menurutnya, berdasarkan peraturan perundang undangan Nomor 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Pada undang-undang itu, jelas mengatur dan melindungi wilayah NKRI dari pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup. Dan negara juga harus bisa menjamin keselamatan, kesehatan, dan kehidupan manusia serta menjamin kelangsungan kehidupan makhluk hidup dan kelestarian ekosistem. (cr29)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here