Tes CPNS di Hotel Comfort, Hunian Penuh

0
860
MELAYANI: Karyawati Hotel Comfort Tanjungpinang sedang melayani tamu yang ingin memesan hunian kamar. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Managemen Hotel Comfort Tanjungpinang mengaku dengan adanya Computer Assisted Test (CAT) yang dilakukan KemenkumHAM Kepri ada peningkatan hunian. Ini membawa dampak baik, bukan hanya kepada penyedia jasa penginapan tetapi juga usaha mikro.

Hal ini dikatakan General Manager (GM) Hotel Comfort Tanjungpinang, Inyoman Wija mengatakan. Kenaikannya tidak singnifikan sekitar 20 persen dari hari biasanya. Pemesannya merupakan para peserta ujian. ”Yang menginap peserta ujian yang datang dari luar daerah di Kepri,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (12/9).

Diantaranya peserta berasal dari Kota Batam, Bintan dan lainnya diluar Tanjungpinang. Bahkan salah satu peserta ujian dari Batam yang tiba di Tanjungpinang, Selasa (12/9) tidak mendapatkan kamar hotel karena penuh.

Ia sebelumnya mengaku, Jumat (7/9) sudah memesan melalui salah satu jasa online untuk hari Minggu (10/9) kemarin. Hanya saja ada jadwal perubahan ujianya dari panitia seleksi yang seharusnya Senin menjadi Rabu (13/9).

Khawatir ada perubahan jadwal maka ia memutuskan untuk memesan saat tiba di lokasi. Sebab bila menggunakan jasa online, sulit melakukan refund bahkan uang tidak bisa kembali. ”Khawatir jadwal berubah, jadi saya tak pesan melalui aplikasi online, ternyata tiba disini penuh dan berniat mencari kamar hotel lain,” ungkapnya singkat.

Inyoman memprediksi hunian hotel hanya terjadi satu pekan sesuai jadwal pelaksanaan ujian. Bila sudah selesai, maka tingkat hunian kamar akan kembali seperti semula. ”Kalau hari biasa jumlah kunjungan tidak banyak, meskipun ada juga beberapa dari luar daerah,” terangnya.

Ia berharap, Kota Tanjungpinang sebagai ibukota Provinsi Kepri dapat menjadi lokasi pelaksanaan ujian. Ini akan menguntungkan bagi penyedia jasa penginapan.

Menurutnya, dampak bukan hanya pada hunian hotel tetapi juga melebar kelainnya. Seperti rumah makan, transportasi serta warung-warung lainnya.

”Ada perputaran ekonomi yang menguntungkan masyarakat sekitar. Mungkin tidak besar, namun sudah sangat membantu. Mudahan kedepan pelaksanaan tes CPNS untuk Kepri di laksanakan di Tanjungpinang,” paparnya singkat.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here