Tes SKB Dilaksanakan Sabtu

0
40
PESERTA CPNS asal Karimun ketika mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Hotel CK Tanjungpinang, belum lama ini. f-istimewa

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS untuk CPNS asal Karimun akan dilaksanakan pada Sabtu (8/12), akhir pekan ini yang berlangsung di Gedung LAM di Batam. Sebelumnya, pihak BKPSDM menunggu jadwal dari pusat.

KARIMUN – Beberapa hari lalu, Kiki selaku pejabat Kepala Bidang pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karimun, Selasa (4/12) masih menunggu jadwal tes SKB tersebut dari pusat.

Setelah pelaksanaan SKD, mereka sudah menyampaikan berapa jumlah peserta yang lolos passing grade ke BKN.

”Jadi, pihak BKN yang menentukan siapa yang dapat ikut SKB. Jumlah peserta yang lolos SKD kemarin ada 52 orang, tetapi formasinya beda dan tidak sama mereka yang lulus SKD mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” terang Kiki.

Mengingat jumlah peserta yang lolos passing grade masih sangat jauh, dari jumlah kuota sebanyak 227 orang.

Untuk itu, pihaknya telah meminta solusi kepada pihak pemerintah pusat. Karena yang menetapkan passing grade dari pusat.

Belum lama ini, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengeluarkan SK yakni mengenai optimalisasi pemenuhan kebutuhan atau formasi pegawai negeri sipil dalam seleksi CPNS tahun 2018.

Kabar baik itu, tertulis pada Surat Keputusan (SK) nomor 61 tahun 2018 yang ditetapkan Menpan-RB RI, Syafruddin.

Surat tersebut terbit setelah banyaknya pelamar yang tidak lulus passing grade di seluruh Indonesia, yang membuat tidak terpenuhinya kebutuhan formasi atau penerimaan.

Untuk itu, ditetapkan pada tanggal 19 November 2018 itu berisi mengenai optimalisasi pemenuhan kebutuhan atau formasi pegawai negeri sipil dalam seleksi CPNS tahun 2018.

Pertimbangan lain adalah, alokasi kebutuhan penerimaan perlu dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan PNS yang memadai.

Namun, tetap mempertimbangkan kualitas agar fungsi pelayanan pemerintahan kepada masyarakat dapat lebih baik.

Kesempatan kedua ini terbuka pada formasi penempatan, yang pelamarnya sama sekali tidak ada mencapai nilai passing grade. Berdasarkan ketentuan yang ditetapkan Kemenpan-RB, maka beberapa orang pelamar di formasi-formasi tersebut akan dapat melanjutkan tes SKB.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here