Tiap 3 Hari, Ada Pengguna Narkoba Melapor

0
357
Roy Girsang

Karimun – INSTITUSI Penerima Wajib Lapor (IPWL) Karimun mencatat, setiap 3 hari pengguna narkoba melapor. Mereka melapor untuk mendapat pembinaan rehabilitasi agar terhindar dari penggunaan berkepanjangan narkoba dan khawatir terjerat hukum.

”Tahun lalu kami mencatat ada 96 orang yang melapor untuk menjalani rehabilitasi di rumah rehabilitasi milik IPWL Karimun,” kata Ketua IPWL Karimun Roy Girsang kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (16/2) kemarin.

Untuk tahun ini telah melapor 26 orang. Dalam perhitungan 1 bulan, setiap 3 hari ada 1 orang melapor kepada IPWL untuk direhab baik inap dan rehab jalan.

Ia mengapresiasi mereka pengguna narkoba yang datang melapor. Dirinya cemas dengan mereka yang mengguna narkoba tetapi enggan melapor untuk direhab, ketika ditangkap barulah minta direhab.

Sebaiknya sebelum tertangkap pihak Kepolisian dan BNN, pengguna melaporkan diri. Nantinya akan diberikan pemahaman sampai si pengguna sadar dan tidak mau lagi memakai narkoba.

Pengguna narkoba di Karimun telah mengenai hampir semua lapisan masyarakat, beragam pekerjaan telah terjebak dengan penggunaan narkoba, tenaga pendidikan, masyarakat ekonomi lemah dan masyarakat di Pulau pun telah ikut menggunakan narkoba.

Belum lama ini, instasi pemerintah telah meringkus beberapa pengguna narkoba dan telah menjalani proses hukum di penyidikan dan proses peradilan. Letak Karimun yang berbatasan langsung dengan Malaysia dimanfaatkan pelaku membawa narkoba ke Karimun melalui kapal feri.

Untuk menampung pengguna narkoba di Karimun yang menjalani rehabilitasi, IPWl telah mengajukan permohonan pemakaian eks gedung balai karantina TKI di Sei Bati, Tebing. Dalam waktu dekat akan dibuat kesepakatan bersama dengan Dinas Sosial. Menunggu pembangunan rehabilitasi dibangun.(ALRION,)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here