Tiap Kecamatan Miliki Puskesmas

0
204
TENAGA medis di RSUD Tarempa ketika melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pasien pada saat pemeriksaan kesehatan dengan cuma-cuma pada peresmian. f-indra gunawan/tanjungpinnag pos
Menjawab kebutuhan masyarakat akan kebutuhan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas akan membangun 5 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Kepulauan Anambas.

ANAMBAS – Program tersebut memjadi prioritas, Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Kepulauan Anambas pada tahun 2019 dan akan segera dilelang.

Sementara, untuk membangun 5 puskesmas sumbernya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019.

Kepala Dinas PPKB Anambas, Heriyanto mengakui, pembangunan 5 Puskesmas tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi.

”Tahun (2019) ini kita fokus pembangunan 5 unit puskesmas yang terdiri dari Puskesmas Jemaja, Siantan Tengah, Siantan Selatan, Siantan Timur dan Palmatak. Ini merupakan program dari DAK Afirmasi,” kata Heriyanto, Senin (14/1).

Herianto menguraikan, alokasi pembangunan 1 unit puskesmas mencapai Rp8,5 miliar yang tergabung dari sarana dan prasarana puskesmas.

”Lahan sudah ada yang berasal dari hibah olehmasyarakat dengan luas 600 meter². Untuk pembangunan terdiri dari sarana dan prasarana (alat kesehatan). Untuk totalnya, alokasi pembangunan 5 puskesmas mencapai Rp42,5 miliar,” akunya.

Heriyanto mengakui, pada tahun 2017 lalu pihaknya telah menyelesaikan pembangunan Puskesmas Jemaja Timur.

”Untuk Puskesmas Jemaja Timur sudah beroperasi sejak tahun 2018 lalu. Puskesmas Jemaja Timur itu dibangun pada tahun 2017 lalu, yang berasal dari DAK Afirmasi juga,” terangnya.

Kenapa terlalu banyak puskesmas yang dibangun di Kabupaten Kepulauan Anambas, diketahui Anambas bagian dari daerah pesisir dan jangkauannya harus melalui jalur lintas laut untuk menuju setiap pelosok desa.

Olehnya, Anambas butuh puskesmas setiap kecamatan yakni ada 7 kecamatan.

Tahun lalu, RSUD Tarempa telah beroperasi dan melayani masyarakat yang diresmikan langsung oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris SH meresmikannya, Senin (12/11) tahun lalu.

Peresmian itu, turut memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, dan peresmian RSUD Tarempa dilaksanakan setelah Apel pagi di halaman Kantor Bupati Anambas

Dengan letak geografis di wilayah perbatasan dan terluar, serta terdiri dari pulau-pulau keberadaan RSUD Tarempa menjadi solusi bagi masyarakat di Kepulauan Siantan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal.

Haris mengungkapkan, secara fisik bangunan RSUD Tarempa yang dibangun sejak tahun 2014 kini telah selesai dibangun dan bahkan telah diresmikan.

Dengan penuh pertimbangan dan keterbatasan daerah, yang terletak di kawasan perbatasan maka diperlukan pemanfaatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara maksimal.

Kini RSUD tersebut bisa manfaatkan, dalam mememuhi kebutuhan kesehatan masyarakat.

Sehingga, dengan adanya rumah sakit itu akan menjawab segala kebutuhan bagi pelayanan di bidang kesehatan untuk masyarakat. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here