Tiap Persimpangan Ada CCTv

0
291
Tinjau jalan raya: Wali Kota Batam Rudi dan Wawako Amsakar saat meninjau kondisi jalan di Nagoya beberapa waktu lalu. F-dokumen/tanjungpinang pos

BATAM – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), mulai memasang 36 unit kamera pengintai closed circuit television (CCTv) di Batam. Ditargetkan, awal Oktober 2017 nanti, CCTv sudah bisa dioperasikan. Sehingga ke depan dapat menekan angka tingkat kejahatan di Batam.

Menurut Kepala Dinas Kominfo, Salim, pemasangan dimulai hari itu, Kamis (14/9). Pengadaan CCTv juga nantinya diharapkan dapat meminimalkan gangguan keamanan. CCTv itu juga diakui,akan terintegrasi dengan kepolisian. ”Meminimalisir gangguan keamanan, karena ada kamera mengawasi pergerakan orang di jalanan,” katanya.

CCTv itu sendiri diakui merupakan produksi Amerika dengan spesifikasi tinggi.Kamera CCTv itu isa dijadikan pengintai khusus fix zoom, dom dan bisa diputar 360 derajat. “Bisa juga keduanya, fix dan dom. Jadi di satu titik lokasi itu bisa beda-beda jumlahnya. Ada satu, dua atau tiga kamera,” kata Salim.

Terkait anggaran pengadaan dan pemasangan diakui sekitar Rp 5,2 miliar. Khusus pengadaan 36 unit kamera pengintai lebih kurang Rp 1,176 miliar. ”Tahun 2018 nanti akan ditambah lagi jumlahnya. Kita akan lihat anggaran dan kebutuhan,” tambahnya.

Terkait lokasi pemasangan CCTv saat ini, ada di atap Kantor Wali Kota Batam, Simpang Lampu Merah Kejaksaan, Pos Satpol DPRD, Gerbang Selatan Engku Puteri, Gerbang Utara Engku Puteri, Bundaran Madani, Simpang Kuda Sei Panas, Depan Nagoya Plaza, Depan Pasar Induk, Jalur Lambat Sukajadi, Depan Perumahan Casablanca, Pura Bali Sei Ladi, Simpang Tiga Sei Ladi, Tanjakan Southlink, Simpang Pelabuhan Domestik Sekupang, Depan Perumahan Delta Villa Tiban Koperasi, Mata Kucing, Depan SP Plaza Batu Aji, Depan Pelabuhan Punggur dan Pertigaan Sambau.

Dalam pemasangan kamera tersebut ada beberapa tahapan yang dilakukan. Di antaranya, pembangunan tiang, instalasi listrik dan panel, langganan link dan pengadaan peralatan CCTPemko Mulai Pasang 36 CCTv yang terdiri dari jenis kamera dome dan fix. ”Untuk lokasi Ruang Kontrol sendiri berada di Lantai 8 Kantor Wali akota Batam, yang bersebelahan dengan Call Center,” imbuhnya.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here