Tiap Siswa Pilih Dua Sekolah

0
601
SMAN 3 Batamcenter, menjadi salah satu sekolah STLA yang selalu ramai peminatnya.f-istimewa

BATAM – Penerapan sistem zonasi sekolah akan berjalan tahun ini. Dinas Pendidikan Batam, akan menerapkan sistem zonasi per kelurahan. Sosialisasi kebijakan akan dilakukan dengan pihak terkait terutama pihak sekolah. Sehingga bisa berjalan dengan baik, saat Penerimaan Siswa Baru (PSB). Untuk rancangan sistem penerimaan, sudah disiapkan Disdik Batam.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Hendri Arulan, ?Rabu (31/5) di Batam. Kepastian penerapan akan dilakukan setelah rapat direncanakan hari ini. Sementara, untuk sosialisasi akan dilakukan selanjutnya dengan pihak sekolah. ”Tunggu pak Wali Kota nanti yang akan mensosialisasikan,” jelasnya.

Baca Juga :  Dua KRI Diproduksi di Batam

Untuk sistem diakui sudah disiapkkan untuk nantinya penerapannya disosialisasikan. ”Saat sosialisasi, kita akan sampaikkan ketentuannya. Kita berencana dua sekolah dipilih calon siswa untuk zonasi. Zonasinya per kelurahan. Nantilah pastinya, dari pak Wali,” imbuhnya.

Sebelumnya, Disdik mengungkapkan persiapan aplikasi untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018. Diman, aplikasi disiapkan karena berbeda dengan tahun sebelumnya. ”Tahun lalu kan sistem rayon. Tahun ini berdasarkan zonasi. Jadi aplikasinya juga buat baru,” kata Hendri Arulan.

Aplikasi ini nantinya dapat diunduh di Playstore untuk telepon genggam berbasis Android. Sehingga pelaksanaan PPDB secara daring tetap bisa berjalan.

Baca Juga :  Palet FCS Gunakan Biji Plastik untuk Kurangi Limbah

Menurut Hendri, dengan sistem zonasi, siswa yang berdomisili di sekitar sekolah wajib diterima di sekolah tersebut. Sistem ini dipakai dengan tujuan agar tidak ada siswa yang bersekolah jauh dari rumah.

”Dengan sistem ini, meskipun di kecamatan hanya ada satu sekolah negeri, warganya bisa tetap sekolah di kecamatan terdekat. Misal di Lubukbaja, cuma ada satu SMP negeri, yang rumahnya di ujung-ujung, bisa sekolah di Batuampar,” tuturnya.

Untuk menyosialisasikan sistem zonasi dan daring ini, dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan sekolah-sekolah. ”Kita akan sosialisasikan,” ujar Sekretaris Disdik ini.

Baca Juga :  119 Perwira Polda Dimutasi

PPDB rencananya dilaksanakan di awal Juli. Namun, untuk sekolah swasta, PPDB didahulukan sepekan dibanding sekolah negeri. Dalam waktu dekat Walikota Batam, Muhammad Rudi juga berencana mengumpulkan Ketua Yayasan Pendidikan yang menjalankan sekolah swasta.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here