Tiap Stan Tampilkan Produk Unik

0
577
SALAH satu stan mahasiswai STIE Pembangunan Nelawati yang mengikuti Bazarlizious dan memarkan produknya, Sabtu (28/7) di Halaman Kampus STIE Pembangunan Jl. RH Fisabilillah No.24 Tanjungpinang. F-REYNALDI/TANJUNGPINANG POS

Mahasiswa STIE Pembangunan Gelar Pasar Kuliner

Berbagai produk unik yang ditampilkan mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang menjadi daya tarik masyarakat mengunjungi bazar ekonomi atau pasar kuliner yang digelar, Sabtu (28/7) bertempat di Halaman Kampus STIE Pembangunan Jl. RH Fisabilillah No.24 Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Event yang digelar bertajuk Bazarlizious dengan tema ‘Inovasi Pangan Peluang Bisnis Masa Depan’ itu dibuka untuk umum.

Kegiatan itu digelar mulai pukul 08.00 WIB dan berakhir hingga sore hari serta dibuka langsung Ketua STIE Pembangunan Charly Marlinda, SE. M.Ak, Ak. CA.

Pada pembukaan event, Charly Marlinda merasa senang, dengan kemeriahan suasana event yang diikuti mahasiswanya. Ia pun mengatakan, event itu luar biasa ramai dan ia pun bangga dengan mahasiswa-mahasiswi yang mampu menampilkan keunikan masing-masing produk yang ditawarkan setiap stan.

”Alhamdulillah, luar biasa ramai. Saya pribadi bangga dan tentunya senang dengan event bazar yang digelar untuk menunjang Maka Kuliah (MK) ini. Saya doakan acara berlangsung suskes dan tentunya akan menjadi modal ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa-mahasiswi untuk memulai suatu usaha nantinya tanpa sekedar untuk memenuhi mata kuliah,” terang Charly Marlinda, Sabtu (28/7).

Charly menambahkan, pihaknya tentu menginginkan lulusan STIE Pembangunan ke depannya tidak tergantung untuk bekerja di pemerintahan termasuk menjadi seorang honor bahkan pegawai.

Untuk itu, pihaknya kerap menggelar beberapa kegiatan yang mengarahkan kepada entrepreneur seperti kegiatan bazar ekonomi. Sehingga, dengan event bazar tersebut dalam mendorong jiwa entrepreneur mahasiswa-mahasiswi-nya sejak kuliah.

”Kita inginkan mahasiswa-mahasiswi STIE Pembangunan nantinya setelah lulus dapat mapan secara ekonomi, dan tentunya kami ingin mendorong jiwa entrepreneur mahasiswa-mahasiswi. Sehingga, mindset mereka harus diubah dengan menciptakan lapangan pekerjaan,” jelas Charly.

Selain itu, event Bazarlizious digagas tiga orang dosen yakni Rachmad Chartady, SE. M.Ak, Ahmad, SE. MM serta Nurul Hasanah, SE MM maka disingkat RAN.

Rachmad Chartady, SE. M.Ak menjelaskan, event pasar kuliner ini wajib diikuti mahasiwa-mahasiswi yang mengambil mata kuliah kewirausahaan.

Untuk itu, yang mengikuti event pasar kuliner ini mahasiswa-mahasiswi Jurusan Akuntansi dan Jurusan Manajemen semester 2 dan 4.

”Persiapan ini tergolong mepet, tapi semua telah terencana dengan baik. Total stan yang ada untuk event ini, sekitar 49 stan yang diisi 6 orang setiap stannya. Masing-masing stan bebas menghias stannya sedemikian menarik, yang tentu tujuannya untuk menarik konsumen agar tertarik,” terang Rachmad Chartady lebih jauh.

Dengan latar belakang sebagai pengusaha muda, Rachmad Chartady juga menginginkan hal yang sama diucapkan Ketua STIE Pembangunan Charly Marlinda, SE. Mak. Ak. yakni mengubah mindset mahasiswa-mahasiswi untuk menjadi seorang entrepreneur sejati setelah lulus dari Kampus STIE Pembangunan.

Menurutnya, kegiatan bazar merupakan modal dasar untuk memupuk jiwa entrepreneur bagi mahasiswa-mahasiswi dan sebagai penunjang MK Kewirausahaan.

Pantauan Tanjungpinang Pos di lokasi Bazarlizius STIE Pembangunan, mahasiswa-mahasiswi masing-masing stan begitu bersemangat mempromosikan produk dagangnya mulai dari makanan dan aneka minuman hingga tanjak kreasi.

Ahmad, SE. MM sebagai ketua pelaksana kegiatan Bazarlizius turut senang, karena event yang dijalankan begitu ramai dan mahasiswa-mahasiswi benar-benar terlihat serius berdagang.

”Sesuai tema yang kita angkat, tentunya mereka berlomba-lomba untuk menyajikan produknya yang terbaik dan unik. Tidak hanya itu, kreativitas tentu turut menjadi modal utama,” terang Ahmad.

Ia menambahkan, ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian dan secara umum yakni penampilan mahasiswa-mahasiswi, rasa, ciri khas, dekorasi stan, kebersihan dan lainnya.

Untuk menghibur pengunjung, pihaknya juga menyiapkan stan untuk live music yang dimainkan mahasiswa STIE Pembangunan.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here