Tidak Direstui Nikah Siri, M Hatta Dihukum 7 Bulan

0
188
Terdakwa saat keluar dari ruang persidangan, kemarin. f-Raymon/Tanjungpinang Pos

TANJUNGPINANG – M Hatta dihukum selama 7 tahun penjara oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Tanjunginang, Selasa (27/11). Ia dituduh melakukan pencabulan.

Terdakwa harus berurusan dengan hukum, bermulai saat orang tua korban, tidak menerima kalau terdakwa telah menikah siri dengan anaknya, hingga korban hamil tujuh bulan. Terdakwa dan korban telah melakukan nikah siri di Batam.

Dalam persidangan, Ketua Majelis Hakim Irianti mengatakan, perbuatan terdakwa tersebut diatur dan diancam pidana dalam Pasal 81 ayat 2 Jo Pasal 76D Undang-undang Negara Republik Indonesia nomor 17 tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah pengganti Undang-undang nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak Jo pasal 64 ayat 1 KUHP.

”Menghukum terdakwa selama 7 tahun penjara dengan denda Rp50 juta subsider 2 bulan penjara,” ujarnya. Sebelumnya, terdakwa dituntut selama 10 tahun penjara denda Rp50 juta apabila tidak membayar maka akan diganti dengan hukuman selama 3 bulan penjara.

Penasehat hukum terdakwa, M Nur menuturkan, kejadian itu bermula terdakwa menjalin hubungan dengan korban, di tengah perjalanan korban mengetahui bahwa terdakwa telah mempunyai seorang istri dan seorang anak.

”Mengetahui itu korban menangis tetapi sang Hatta membujuk dan berjanji akan menceraikan sang istri dan menikahi korban, maka korban percaya dan tetap menjalin hubungan hingga mereka menikah siri di Batam tanpa diketahui oleh orang tua korban,” tuturnya.

Lanjutnya, usai menikah siri terdakwa dan korban datang ke rumah dengan maksud meminta restu dari orang tua anak korban. Namun ketika itu orang tua korban mengetahui kalau calon mantunya sudah menikah dan belum bercerai. ”Sehingga orang tua tidak menyetujui pernikahan siri tersebut dan orang tua mengetahui anaknya telah dicabuli hingga hamil,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here