Tidak Semua Partai Maksimalkan Kuota

0
756
Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasition menerima pengurus Parpol Hanura.

TANJUNGPINANG – Pengurus 16 partai politik peserta di Pemilu 2019, mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Kantor KPU Tanjungpinang.

Mereka akan bertarung memperebutkan kursi di DPRD Kota Tanjungpinang dengan kuota 30 orang. Dijadwalkan, pemilihan akan berlangsung, Rabu 17 April 2019 mendatang.

Ketua KPU Tanjungpinang, Aswin Nasition menuturkan, seluruh Parpol sudah mendaftarkan Bacalegnya. Yang terakhir mendaftar PKPI sekitar pukul 23.25 WIB. Berkas selesai diperiksa petugas sampai dengan pukul 01.00 WIB.

Meski demikian, ia menuturkan tidak semua Parpol memaksimalkan kuota dari setiap Daerah Pemilihan (Dapil). Untuk diketahui Dapil Barat-Kota, 10 kursi, Bestari masih tetap sama yaitu 8 kursi dan Timur bertambah satu dari periode sebelumnya menjadi 12 kursi.

Baca Juga :  Bikin Ranperda, Libatkan Aktivis Perempuan

Terkait hal tersebut, menurutnya boleh saja asalkan setiap Parpol memenuhi ketentuan, bahwa minimal 30 persen keterwakilan perempuan dari setiap Dapil.

“Saya belum cek pasti partai apa saja. Tapi ada Parpol yang hanya mendaftarkan enam atau tujuh Bacalegnya di beberapa Dapil,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (18/7).

Setelah menerima berkas, ia menuturkan, hari ini dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan dan kelengkapan dokumen.

Kemudian dilanjutkan dengan, Kamis (19/7) pihak KPU akan memberitahukan kepada masing-masing pengurus Parpol jika ada dokumen yang perlu diperbaiki atau dilengkapi.

Baca Juga :  Meriah, Pembukaan Porprov Kepri ke- IV

Aswin menuturkan, perbaikan dan melengkapi dokumen dapat dilaksanakan, 22-31 Juli mendatang. Setelah itu, KPU mengumumkan.

Dituturkannya, terkait jadwal pelaksanaan Pemilu 2019, tertulis dalam PKPU nomor 5 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

Ia menambahkan penetapan calon legislatif dilaksanakan 20 September mendatang. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here