Tiga ABK Kapal Positif Gunakan Narkoba

0
664
Pemeriksaan urine di Pelabuhan dan bandaraf-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Tiga anak buah kapal (ABK) kapal feri di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) dan dua orang penumpang kapal diamankan Badan Narkotika Nasional (BNN) Tanjungpinang dan Sat Narkoba Polres Tanjungpinang yang positif mengkonsumsi narkoba, Jumat (8/6).

Pantauan dilapangan, para personel BNN Tanjungpinang melakukan pengecekan urine terhadap satu persatu para nakhoda dan ABK kapal feri dengan tujuan antarpulau. Dari hasil pengecekan urine, tiga orang ABK kapal positif menggunakan narkoba, selain itu juga dua penumpang kapal.

Patugas mencurigai gerak gerik seorang penumpang wanita dan pria dari Batam tersebut. Pada saat pemeriksaan, pria yang positif menggunakan Narkoba mengaku berasal dari Malaysia. Saat itu, mengenakan kemeja biru bintik-bintik putih serta celana jens warna biru, dan membawa tas ransel.

Baca Juga :  Ormas Keagamaan Harus Perkuat NKRI

Setelah mengetahui urine terduga positif mengandung Narkoba, anggota Sat Narkoba Polres Tanjungpinang langsung melakukan pengecekan terhadap seluruh badan pria ini tetapi tidak ditemukan barang bukti.

Tak sampai di situ saja, untuk melakukan pemeriksaan, handphone miliknya juga periksa. Terdapat percakapan pria tersebut mengirim pesan melalui pesan Whatsap kepada seseorang untuk memesan dan menjual Narkoba. “ini foto apa kamu kirim-kirim ke siapa ini,” kata Polisi

KBO Satres Narkoba Polres Tanjungpinang, Ipda Farid mengatakan, tes urine dilakukan kepada para ABK kapal sebanyak 30 orang. “Kita bersama BNN kota Tanjungpinang melakukan pengecekan dan lima orang positif menggunakan Narkoba ampetamin,” katanya.

Baca Juga :  Jangan Sampai Investor Bawa Berkas Berkoper-Koper

Lanjutnya, kelima orang yang positif menggunakan narkoba maka kita bawa ke kantor untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Di hari yang sama tadi pagi, pukul 06.00 Badan Narkotika Nasional (BNN) Tanjungpinang dan Sat Resnarkoba Polres Tanjungpinang melakukan tes urine kepada seluruh kru pesawat di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang.

Kepala Kantor BNN Tanjungpiang, Abdul Hasyim Panggabean mengatakan, tes urine itu dalam rangka mengamankan arus mudik lebaran, pihaknya bersama Polri sehingga menyakinkan calon penumpang mudik lebaran, supaya tidak ada keraguan terhadap awak pesawat apakah menggunakan narkoba atau tidak.

Baca Juga :  Semen Padang Gelar Lomba Beton Mutu Tinggi

“Kami melaksanakam tes urine agar masyarakat tidak ragu untuk melaksanakan mudik lebaran,” ungkapnya.

Lanjutnya, pihak telah memeriksa urine Pilot, Kopilot, tiga pramugari dan satu pramugara untuk pesawat Sriwijaya Air, sedangkan untuk pesawat Wings Air satu Pilot, Kopilot dan dua pramugari. “Hasil tes urine diketahui seluruh awak pesawat negatif, untuk penerbangan lainnya kami akan menunggu waktu penerbangan tepat,” ujarnya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here