Tiga Agenda Tahunan Disatukan

0
278
MAHASISWA Stisipol Raja Haji ketika bertanding tenis meja ganda putra pada Pekan Olahraga Stisipol tahun lalu. F-istimewa/BAYU-stisipol RH

Februari, Stisipol Gelar Pekan Seni, Budaya dan Olahraga

Setelah sukses menggelar Pekan Olahraga Stisipol (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Raja Haji Tanjungpinang Cup 2018 lalu, tahun ini kegiatan yang lebih besar lagi akan digelar kembali. Bedanya, ada tiga kegiatan besar disatukan pelaksanaannya.

TANJUNGPINANG – Kali ini, kegiatan di Kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang ini turut menyertakan seni dan budaya selain olahraga. Jika sebelumnya hanya satu kegiatan, tahun ini tiga kegiatan sekaligus. Sehingga kegiatan tahun ini mengambil tema ‘Pekan Seni Budaya dan Olahraga’.

Presiden Mahasiswa (Presma) Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Abdul Rajab mengatakan, kegiatan ini direncanakan pada bulan Februari mendatang.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bersama seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti Sedaya, Protokoler, Padus, Futsal, Volly, Badminton, Debat, dan dibantu oleh Himpunan Administrasi Publik, Ilmpu Pemerintahan, dan Sosiologi sama-sama untuk menyukseskan kegiatan ini.

”Kami susun ini sematang mungkin, dan proposal kegiatan sedang berjalan. Dalam perencanaannya, kita undang kampus-kampus yang ada di Tanjungpinang dan Bintan. Kami juga mengundang pelajar, SMP dan SMA di Kota Tanjungpinang dan Bintan,” jelas Rajab kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (17/1).

Rajab memaparkan, sesuai tema yang diusung, maka kegiatannya itu mengangkat kebudayaan yang ada di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) khusus di Kota Tanjungpinang.

Seperti halnya bazar, yang di dalamnya ada pameran kebudayaan Melayu, pameran kerajinan tangan, wisata kuliner khas Melayu, pameran profil tujuh kabupaten/kota.

Sementara untuk pekan seni dan budaya kegiatannya ada lomba syair, tari kreasi, festival band, berbalas pantun.

Untuk pekan olahraga, lanjut Rajab, akan ada turnamen futsal, bola voli serta turnamen bulu tangkis.

”Selain itu, ada sisi akademisnya yakni menguji intelektualitas seperti orasi ilmiah dan debat demokratis untuk mahasiswa-mahasiswi. Kemudian kami juga masukkan juga MTQ (Musabagah Tilawatil Quran) di dalamnya, yakni ada lomba Kultum (kuliah tujuh menit), dan Tilawatil Quran,” tambah Rajab.

Masih ada lagi, pihaknya juga menyelenggarakan lomba film pendek yang bertemakan anak Melayu versus anak zaman now.

Kegiatan yang satu ini, hanya untuk kalangan mahasiswa Stisipol Raja Haji.

”Insyaallah, rencana yang kami buat ini berjalan sesuai apa yang direncanakan. BEM dalam hal ini, bekerjasama dengan UKM yang ada agar acara ini terselenggara dengan sukses. Seperti kegiatan tahun lalu, yakni Pekan Olahraga Stisipol Raja Haji,” ungkapnya.

Ketua Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka MPM mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan mahasiswa seperti pekan olahraga dan lainnya adalah upaya kampus untuk memfasilitas dalam menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang olahraga.

”Tidak hanya mengikuti perkuliahan secara formal. Tujuannya, agar mereka tidak saja berkutat dalam hal akademik. Tetapi juga perlu, untuk menyeimbangkan dengan menyehatkan raga dan itulah yang kita harapkan,” terang Endri.

Sekadar diketahui, nama besar pahlawan kebanggaan Tanah Melayu Riau yakni Raja Haji Fisabilillah, telah membangkitkan semangat anak negeri untuk meneladani nilai-nilai pejuangan beliau dalam wujud pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan. Sebab hanya melalui pendidikan bangsa kita dapat mencapai kemajuan dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Semangat untuk mengembangkan aspek pendidikan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, khususnya anak Melayu, diaktualisasikan dalam aksi bukan hanya orasi, tapi juga dengan mendirikan Yayasan Raja Haji Fisabilillah.

Adapun yang mendirikan yayasan ini adalah para tokoh-tokoh masyarakat Kepri pada tanggal 12 Agustus 1998, dan memperoleh Izin Terdaftar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yakni berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.133/D/O/1999 Tanggal 22 Juli 1999. Peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 1999.

Adapun visi kampus ini adalah, mewujudkan Stisipol Raja Haji Sebagai Pusat Kecemerlangan Ilmu Sosial Tingkat Regional Berbasis Teknologi Informasi Pada Tahun 2030.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here