Tiga Bacalon Wako Bebas Narkoba

0
212
ROBBY Patria (dua dari kanan) menerima berkas pemeriksaan kesehatan paslon Wako dan Wawako dari ketua tim pemeriksaan kesehatan dari RSUP Tanjungpinang, Senin (15/1). f-istimewa

KPU Belum Terima LHKPN para Calon

KPU Tanjungpinang sudah mengumumkan hasil dari tes kesehatan peserta Pilwako. Hasilnya, semua pasangan Bacalon Wako dan Bacalon Wawako sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba.

TANJUNGPINANG – ”Seluruh pasangan calon baik pasangan Lis-Maya, Syahrul-Rahma dan Pak Edi Safrani-Edy Susanto, semua sehat dan memenuhi syarat kesehatan,” kata Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria kemarin.

Robby mengatakan ketiga paslon juga bebas dari pengunaan narkoba.

Sambung Robby, Senin (15/1) lalu, ketua tim pemeriksa kesehatan paslon wako dan wawako dr Azwar dari RSUP tidak memberikan catatan kepada seluruh paslon terkait kesehatanya. Bila ada catatan yang diberikan dari tim pemeriksa kesehatan, maka KPU akan menggelar pemeriksaan ulang. ”Ketika pemeriksaan di BNN (Badan Narkotika Nasional) juga dinyatakan negatif. Jadi, semua dinyatakan memenuhi kesehatan jasmani, rohani dan narkotika,” ujarnya.

Tahapan pilkada saat ini, kata Robby KPU masih melakukan pemeriksaan berkas bacalon. Sebab, hingga saat ini bacalon belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari KPK.

LHKPN dari KPK bukan hasil kekayaan saat menjadi wali kota atau anggota DPRD lalu, tapi LHKPN yang diminta KPU adalah laporan kekayaan untuk maju sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang. Bila sampai tanggal 20 Januari belum juga turun LHKPN dari KPK, bacalon tersebut bisa dinyatakan gugur percalonan karena tidak memenuhi syarat.

”Jauh-jauh hari KPU sudah memberikan konfermasi atau sosialisasi, LHKPN adalah salah satu syarat pencalonan yang penting. Bila LHKPN belum diserahkan bisa pencalonan di gugurkan,” kata Robby, kemarin.

Sementara itu, Divisi Logistik KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Yusuf Mahidin menambahkan masa perbaikan syarat percalonan yang belum lengkap mulai 18-20 Januari ini.

Kemudian, KPU kembali melakukan penelitian atau pemeriksaan berkas persyaratan yang diberikan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang tersebut. Tujuannya, untuk memastikan keabsahan atau keaslian dokumen, yang diserahkan tiga pasang bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang tersebut ke KPU Kota Tanjungpinang.

Hal ini akan dilakukan oleh KPU sejak mulai 19-27 Januari 2018 nanti. Setelah itu, baru KPU Kota Tanjungpinang akan menetapkan bakal calon menjadi calon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang periode 2018-2023. Penetapan pasangan calon 12 Februari.(ABAS – ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here