Tiga Balon Wakil Lis Ikut Fit and Proper Test

0
500

Tiga Bakal Calon (Balon) Wakilnya H Lis Darmansyah pada pilkada Tanjungpinang, mengikuti fit and proper test di Batam, hari ini Jumat (15/9). Ketiga balon itu yakni Maya Suryanti, H Adnan dan M Syarial.

TANJUNGPINANG – Ketua DPD PDIP Provinsi Kepri, HM Soerya Respationo yang akan langsung melakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada ketiga balon Wakil Walikota Tanjungpinang. Hal ini dibenarkan Ketua DPC PDIP Kota Tanjungpinang, Sukandar kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (14/9). ”Ya, benar. Besok (hari ini, red) Ketua DPD PDIP Kepri Pak Soerya yang melakukan fit and proper test kepada ketiga calon kandidat calon wakilnya Pak Lis. Yakni, Maya Suryanti, M Syarial dan H Adnan,” kata Sukandar.

Maya Suryanti adalah rival H Lis Darmansyah di pilkada Tanjungpinang 2013 lalu. Pilkada 2013 laku, pasangan Maya Suryanti-Tengku Dahlan berada di urutan kedua dengan perolehan 26.616 suara atau 31,30 persen. Lis Darmansyah-Syahrul menang dengan perolehan suara sebanyak 39.129 suara atau 46,01 persen.

H Adnan sendiri masih sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Tanjungpinang. Ia juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Tanjungpinang. Sedangkan M Syahrial, politisi PDIP dan anggota DPRD Tanjungpinang. ”Hasil fit and proper test akan dilaporkan langsung oleh Ketua DPD Provinsi Kepri, Soerya Respationo ke DPP PDIP,” tegasnya.

Menurut mantan anggota DPRD Tanjungpinang ini, diantara tiga kandidat wawako dari PDIP, ada salah satu calon yang akan mendampingi H Lis Darmansyah di Pilwako Tanjungpinang 2018 mendatang. ”DPP PDIP yang akan menentukan dari tiga nama itu siapa layak jadi wakilnya Pak Lis di Pilkada nanti,” sebut dia.

Sementara itu, pengamat politik Provinsi Kepri, Endi Maulidi melihat peluang besar Maya Suryanti akan mendampingin H Lis Darmansyah di Pilkada Tanjungpinang. ”Sudah kita baca dari awal, pasti Ibu Maya akan maju di pilkada,” tegasnya.

Kata mantan anggota DPRD Kabupaten KepulauanRiau (Bintan sekarang) melihat lawan H Lis Darmansyah nanti di pilkada adalah H Syahrul. Tapi, bila H Syahrul tidak mendapatkan dukungan parpol, bisa saja lawanya kuda hitam adalah Andi Anhar Chalid. ”Kita tinggal menunggu aksi politik Pak Syahrul,” tegasnya.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here