Tiga Bulan, 56 Titik Hutan Terbakar

0
540
Hutan di Jalan Nusantara Km 12 Tanjungpinang gosong setelah terbakar beberapa waktu lalu.f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Selama tiga bulan terakhir ini, ditemukan 56 titik kebakaran hutan di Ibu Kota Tanjungpinang. Lokasinya berbeda-beda. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Kebakaran dari Satpol PP dan Damkar Kota Tanjungpinang, Nanang Heri Kuswanto.

”Hutan yang baru terbakar kemarin yakni hutan berada di Jalan Nusantara Km 12 Tanjungpinang menuju arah ke Kijang. Entah siapa yang bakar hutan itu, kita tidak tahu,” kata Nanang Heri Kuswanto, Minggu (4/3).

Kata dia, ada beberapa faktor yang membuat hutan terbakar dengan cepat. Pertama, bisa jadi ada oknum ingin membuka lahan pertanian dengan cara membakar hutan. Ada juga membakar sampah di daerah hutan tersebut, setelah api hidup orang tersebut meninggalkan apinya dengan sengaja.

Baca Juga :  Kampung KB Dinilai Efektif Entaskan Kemiskinan

”Buang puntung rokok, hutan bisa terbakar juga loh. Apa lagi cuacanya panas seperti ini, pasti cepat terbakar. Pasalnya, rumput atau lalang maupun daun pohon pada kering,” terang dia.

Selain itu, lanjut dia, ada juga terjadi kebakaran di rumah. Selama tiga bulan di tahun 2018, ada sekitar 3 unit rumah, bangunan tiga rumah yang sudah terbakar adalah semi permanen.

”Yang baru terbakar kemarin adalah rumah mantan wakil wali kota, itukan, hanya korsleting AC saja,” ucap dia.

Untuk mencegah kebakaran, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah di sekitar tempat tinggal. Apabila ingin bakar sampah, hendaknya di tunggu sampai dengan apinya redah hingga sampah menjadi abu.

Baca Juga :  Darmawanita Gelar Festival Bubur Pedas

Kemudian, jangan membuka lahan dengan cara membakar hutan. Dengan membakar hutan, bisa berakibat rumah di sekitar bisa ikutan terbakar. ”Kalau mau meninggalkan rumah, terlebih dahulu periksa arus listrik di rumah. Jangan ada colokan listrik yang sedang on. Hindari ini semua, biar tidak terjadi korsleting di rumah,” harap dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here