Tiga Hari Lagi Pajak Naik

0
170
Raja Azmansyah

BATAM – Pemerintah Kota Batam, akan melakukan penyesuain pajak daerah, mulai Maret 2018. Pada penyesuaian pajak itu, terjadi kenaikan sebagaimana diatur dalam Perda tentang pajak daerah, nomor 7 Tahun 2017. Penarikan pajak mulai April 2018. Perda itu seharusnya sudah berlaku sejak Desember 2017, namun baru dijalankan Maret.

Menurut Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Batam, Raja Azmansyah, pihaknya sengaja menunda penerapan. Dimana, sejak Desember sampai Februari, masih berlaku tarif lama. ”Itu kita lakukan, karena kondisi ekonomi lesu. Sekaligus kita sosialisasi ke assosiasi, yang bisa mereka terima,” jelas Asmansyah.

Sesuai dengan perubahan Perda yang dilakukan, ada perubahan pada nilai pajak parkir dari 20 persen naik jadi 25 persen. Sementara pajak reklame dari 15 naik jadi 20 persen. Pajak reklame rokok dan minuman beralkohol menjadi 25 persen. Pajak hiburan seperti untuk permainan billyard dan golf, naik dari 10 persen naik menjadi 15 persen.

Pajak boling dari 5 persen menjadi 15 persen. Pajak untuk pacuan kuda dan kendaraan bermotor dari 10 persen naik menjadi 20 persen. Pajak diskotek, karaoke, klub malam dan naik 35 persen. Termasuk pajak usaha panti pijat, refleksi, mandi uap/spa dan sejenisnya naik 35 persen.

Di Perda, disebutkan tenggat waktu untuk membayar pajak dari tanggal 10 tiap bulannya jadi tanggal 20. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here