Tiga Jam, Izin di KEK Bisa Selesai

0
184
DARMIN Nasution Menko Perekonomian dan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengambil gunting di sela peresmian Kantor KEK Galang Batang, disaksikan Kepala Administrator Hasfarizal Handra, Sabtu (8/12) lalu. f-yendi/tanjungpinang pos

Kantor Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Bintan resmi beroperasi setelah diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Kepala Staf Kepresidenan RI Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko, Sabtu (8/12) lalu. Untuk berinvestasi, pelayanan izin di Kantor Administrator KEK Galang Batang ini bisa selesai dalam waktu tiga jam.

BINTAN – Peresmian Kantor Administrator KEK Galang Batang ini ditandai dengan pengguntingan pita dan peninjauan ruangan pelayanan. Peresmian dihadiri Ketua Dewan Kawasan KEK Galang Batang H Nurdin Basirun, Wakil Ketua Dewan Kawasan H Apri Sujadi, dan sejumlah pejabat.

Usai peresmian, Kepala Kantor Administrator KEK Galang Batang, Bintan-Kepri Hasfarizal Handra menerangkan, di Kantor Administrator sudah tersedia ruangan pemerintah daerah untuk layanan PTSP, instansi vertikal seperti Imigrasi, BPN, Bea Cukai dan Kanto Pajak.

Kemudian, dilengkapi dengan perbankan (Bank Riau Kepri dan Mandiri) serta asosiasi notaris. Turut disediakan ruangan layanan laktasi untuk ibu menyusui, ruangan aksesibilitas untuk penyandang cacat, ruang big office untuk proses perizinan.

Dari Pemkab Bintan sendiri, jelas Hasfarizal Handra, sudah ada pelimpahan semua kewenangan, yaitu 88 jenis perizinan dan non perizinan. Sedangkan dari Pemprov Kepri, ada 46 jenis perizinan yang dilimpahkan ke Kantor Administrator KEK Galang Batang ini. Selanjutnya, bakal ada pelimpahan dari kewenangan dari pemerintah pusat.

”Sistem pelayanan di Kantor Administrator KEK ini, dengan sistem Online Single Submission (OSS). Dan, KEK sudah punya login. Batas maksimal pengurusan izin hanya 3 jam, kalau semua syarat sudah terpenuhi,” sebut Hasfarizal Handra.

”Sedangkan untuk keperluan investasi di kawasan FTZ Bintan, kami tetap memberikan pelayanan di Kantor DPMPTS-TK, serta Kantor BP Kawasan FTZ di Km 16 Toapaya,” tambahnya.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menambahkan, Kantor Administrator KEK Galang Batang Bintan akan diserahkan pengelolaan Dewan Kawasan bersama semua pihak. Kantor ini menjadi pusat pelayanan investasi di dalam kawasan KEK Galang Batang seluas 2.333 hektare ini.

”Kita berharap, KEK Galang Batang menjadi pusat investasi ke depan. Sehingga, memberikan peluang kerja bagi masyarakat Bintan sendiri, dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here