Tiga Komoditi Tak Boleh Naik

0
584
CEK SEMBAKO: H Nurdin Basirun bersalaman dengan warga, saat sidak di Pasar Baru, Selasa (19/4) f-suhardi/tanjungpinan pos

Gubernur Sidak Pasar Baru Tanjungpinang 

Gubernur Provinsi Kepri H Nurdin Basirun inspeksi mendadak ke pasar untuk memantau sembilan bahan pokok di Kota Tanjungpinang, Rabu (19/4). Nurdin ingin tahu dinamika harga menjelang pelaksanaan ibadah puasa Ramadan yang dimulai akhir Mei mendatang.

TANJUNGPINANG – Selain menyaksikan aktivitas perdagangan sembilan bahan pokok (sembako), Gubernur Kepri periode 2015-2020 itu juga berdialog dengan para pedagang dan pengunjung pasar tradisional Pasar Baru Tanjungpinang.

Di sela-sela kunjungan lapangan itu, Nurdin mengaku ingin mengetahui dinamika harga sembako terutama komoditi yang paling banyak dibutuhkan seperti beras dan minyak goreng. Ia juga minta, agar tiga jenis sembako, gula, daging dan minyak goreng tidak boleh naik.

”Berapa harga daging sekilo ibu?” tanya Nurdin ke salah satu pedagang daging.

Bukan hanya daging yang ia cek, tapi harga sayur mayur, serta pasar yang menjual aneka pakaian anak-anak dan orang dewasa juga ikut ia pantau.

Lebih satu jam Nurdin keliling di Pasar Baru Tanjungpinang. Nurdin, juga terlihat mengecek gudang ikan milik pedagang. Ia pun melihat kios-kios yang biasa digunakan para pedagang setempat berjualan.

”Sudah dekat puasa, jangan coba-coba memainkan harga sembako,” kata Nurdin, kemarin.

Mantan Bupati Karimun menegaskan satu tujuannya sidak pasar, untuk mencek langsung persedian dan harga sembako jelang memasuki bulan puasa.

”Kita minta pedagang jangan seenaknya menaikkan harga barang, khusus daging, minyak goreng, dan gula pasir. Ini tegas saya sampaikan,” tegas Nurdin.

Jadi untuk tiga komoditi ini, sudah di tetapkan Kementerian Perdagangan tidak boleh melebihi standar yang sudah di sampaikan melalui surat edaran Menteri Perdagangan RI ke setiap provinsi seluruh Indonesia.

”Hari ini (kemarin,red) juga saya langsung ke agen-agen, tiga bahan komoditi itu, saya minta langsung mereka agar mematuhi permintaan yang sudah di pesan Pak Menteri,” tegasnya

Adapun standar harga tiga komoditi yang sebut Nurdin, seperti daging beku maksimal Rp 80 ribu, minyak goreng Rp 11 ribu serta gula pasir Rp 12.500 per kikogram.

”Tiga komoditi ini sudah di tetapkan menteri dan sudah di edarkan surat edarannya ke setiap daerah se provinsi Indonesia termasuk Kepri,” terangnya

Nurdin tidak pungkiri bahwa, akan ada distributor bahkan pedagang di pasar tidak mematuhi surat edaran itu. Namun, lanjut Nurdin dirinya tidak bisa memaksakan hal itu asalkan, kenaikan harga tidak sampai memberatkan masyarakat.

”Kalau kenaikan itu karena kondisi yang mendesak, tak masalah namun kalau karena unsur kesengajaan itu yang tak boleh,” tegasnya.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here