Tiga Manajemen Clud Med Disidik Imigrasi

0
668
Arfa Yudha Indriawan

2 dari 41 TKA Masih Diperiksa

Bintan – SETELAH 41 Tenaga Kerja Asing (TKA) diperiksa, kini giliran tiga orang manajemen Club Med Hotel di kawasan Lagoi, yang disidik oleh pihak Imigrasi, kemarin.

Tiga manajemen Club Med itu disidik karena melakukan pelanggaran mempekerjakan 35 TKA tanpa dokumen yang lengkap.

Penyidikan ini merupakan lanjutan dari proses hukum usai pihak Imigrasi melakukan tindakan deportasi terhadap 35 TKA, Jumat lalu.

Arfa Yudha Indriawan, Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Kasi Wasdakim) Imigrasi Tanjunguban mengatakan, pihakya melakukan proses hukum (pro justisia) terhadap 3 orang manajemen Club Med Lagoi.

”Karena sudah masuk proses hukum, jadi kami tidak bisa sebut 3 orang manajemen tersebut. Mereka kami jerat dengan Pasal 124 B UU Keimigrasian,” sebutnya, Selasa (31/1) kemarin.

Ia menyebutkan, tiga orang manajemen Club Med terancam sanksi pidana kurungan maksimal 3 bulan atau denda maksimal Rp 25 juta. Karena dengan sengaja mempekerjakan TKA tanpa izin yang lengkap.

”Target kami, minggu ini pemeriksaan selesai. Sehingga minggu depan kami limpahkan ke pengadilan,” katanya.

Dijelaskannya lagi, dari 41 TKA, sebanyak 35 sudah dideportasi, 4 orang dinyatakan memiliki IMTA dan izin lengkap. Sedangkan 2 TKA lainnya, sedang dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

”2 orang TKA lagi, sedang kami dalami kasusnya. Nanti, kalau sudah selesai dan jelas melanggar, akan kami tingkatkan ke penyidikan,” tambahnya. (jendaras)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here