Tiga Petinggi Minta TNI Netral

0
459
Dari kiri Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, Danrem 033WP Brigjen TNI Gabriel Lema, Komandan Lanud RHF Tanjungpinang, Kolonel Pnb Dadan Gunawan. f-raymon/TANJUNGPINANG POS

Pilkada Tanjungpinang

SENGGARANG – Tiga pilar TNI mengajak para prajurit Korem 033 Wirapratama, Lantamal IV Tanjungpinang dan Pangkalan Udara (Lanud) Raja Haji Fisabililh (RHF) untuk netral dalam pilwako di Tanjungpinang, di Gedung Serba Guna Korem 033/Wira Pratama, Senin (19/3).

Danrem 033/WP, Brigjen TNI Gabriel Lema mengatakan, dalam menyikapi Pilkada 2018 di Tanjungpinang, TNI harus netral dan dalam konteks politik TNI diminta untuk tidak terlibat apapun. Namun, netralitas ini harus menghasilkan situasi yang kondusif aman dan nyaman tentunya untuk masyarakat.

Sehingga mempunyai ruang yang lebih baik dalam pengawalan TNI yang selalu bersama dengan masyarakat, agar bisa mengikuti kegiatan pesta demokrasi dengan aman dan nyaman.

”Saya kira titik netralitas aman dan nyaman untuk masyarakat,” katanya.

Selain itu, juga Danrem menyebutkan, bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan mempererat solidaritas di antara tiga matra TNI, yakni AD, AL dan AU juga sebagai persiapan Pilkada serentak di seluruh Indonesia, khususnya pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang 2018.

”Dengan solidaritas bersama dalam mengawal Pilkada kita untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno menuturkan, masalah yang ada ini bukan ditinggalkan tetapi bagaimana TNI menyikapinya. Berawal dari hal-hal yang menghasilkan hal positif supaya dapat diberikan kepada bangsa dan negara.

”Ada beberapa tantangan di tahun politik ini, seperti ujaran kebencian, kampanye hitam, wabah penyakit, isu SARA dan radikalisme,” tuturnya.

Menurutnya, penanganan konflik dalam mengantisipasi ini, seluruh TNI harus bergandengan tangan dan selalu bersinar untuk menjaga Pilkada 2018 dengan aman dan nyaman.

”Mari kita rapatkan barisan, mari kita jaga Pilkada. Pilkada serentak tolong masing-masing satuan untuk menyiapkan satuan,” jelasnya.

Ditambahkan Komandan Lanud RHF Tanjungpinang, Kolonel Pnb Dadan Gunawan mengatakan, dari kegiatan ini dapat ditarik kesimpulan hanya ada 3 permasalahan narkoba, sinergitas TNI/Polisi dan netralitas TNI dalam menyikapi Pilkada.

”TNI harus netral, kita harus lebih waspada lagi pada saat mendekati kampanye dan Pilwako di Tanjungpinang,” ujarnya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here