Tiga Proyek Habiskan Puluhan Miliar Rupiah

0
371
Pelantar: Nelayan di Anambas banyak yang tinggal di rumah pelantar. f-indra gunawan/tanjungpinang pos

Anambas – Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) Kabupaten Kepulauan Anambas semakin menurun tiap tahunnya.

Namun, pemkab Anambas masih memiliki puluhan proyek besar yang akan dilelang dan dikerjakan pada tahun 2017 ini. Bahkan tahun ini di Anambas masih ada tiga proyek besar yang nilainya diatas Rp 10 miliar.

Tiga paket proyek besar tersebut di antaranya yakni paket proyek pembangunan lanjutan kantor Bupati Kepulauan Anambas di Pasir Peti, Desa Pesisir Timur kecamatan Siantan yang nilainya Rp 23,4 miliar.

Yang kedua paket proyek pembangunan jalan dari Semen Panjang menuju pusat perkantoran di Pasir Peti yang mencapai Rp 23 miliar dan paket proyek pembangunan masjid Agung Kabupaten Kepulauan Anambas yang nilainya mencapai Rp 17,9 miliar.

”Total paket proyek tahun ini ada 71 paket. Tapi yang paling besar hanya tiga paket itu. Ada yang besar lagi yakni paket proyek renovasi gedung puskesmas yang ada di Jemaja Timur, Nilainya di bawah Rp 10 miliar yakni sekitar Rp 8 miliar,” ungkap Kepala bagian Pembangunan Sekretariat Daerah kabupaten Kepulauan Anambas Tety Arnita, Senin (6/2).

Tety, menjelaskan, dari 71 paket proyek yang ada tersebut 16 di antaranya sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat dengan nilai pagu Rp 46,88 miliar.

Sementara itu, lainnya sebanyak 55 paket itu di luar DAK dengan nilai pagu sekitar Rp 71,9 miliar. Jadi total pagu anggaran untuk mengerjakan 71 paket tersebut sekitar Rp 118,8 miliar.

”Dari 71 paket itu, 34 di antaranya merupakan paket proyek konsultasi, 30 paket proyek kontruksi, 4 proyek pengadaan dan 3 proyek dari jasa lainnya,” jelas Tety.

Kata Tety, saat ini sudah ada 6 paket proyek yang sudah terbit Surat Perintah Tugas (SPT) pelelangan. Sementara itu 65 paket proyek lainnya belum diterbitkan SPT-nya.

”Kita ini masih menunggu dokumen pelelangan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kalau sudah ada, kita lelang secepatnya,” jelasnya. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here