Tiga Pulau Calon Lokasi BBI

0
501
BUDIDAYA: Salah seorang nelayan budidaya di keramba ikan jenis Napoleon. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

Anambas – SEKRETARIS Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan, Yusmadi mengatakan, tahun ini pihaknya akan meminta studi studi kelayakan mengenai peningkatan nelayan budidaya.

Saat ini pihaknya telah memiliki masterplan untuk membangun Balai Benih Ikan (BBI). Ada tiga wilayah sudah masuk kriteria.

Adapun wilayah yang dipilih untuk tempat pembangunan BBI yakni, di pulau Pidik Desa Belibak Kecamatan Palmatak, Pulau Teluk Pau Desa Air Sena Kecamatan Siantan Tengah, Pulau Butun Kecamatan Palmatak.

”Tiga pulau itu akan diajukan ke tim ahli untuk dikaji,” ungkap Yusmadi kepada wartawan, Rabu (1/2).

Kata Yusmadi, pembangunan BBI tersebut membutuhkan lahan seluas 3 hektare dan jauh dari pemukiman penduduk, untuk menghindari pencemaran lingkungan.

Selain itu aksesnya mudah dijangkau oleh nelayan sekitar. Jenis benih ikan yang akan dikelola oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT).

”Ikannya adalah kerapu, napoleon dan jenis ikan lainnya,” jelasnya.

Balai Benih Ikan (BBI) akan konsen terhadap pembibitan bukan kepada pembesaran ikan. Artinya pihaknya hanya menjual kepada nelayan yakni bibit ikan yang berkualitas, serta yang memiliki standarisasi kelayakan tentang pembudidaya ikan yang berkualitas.

”Jika sudah dapat lokasinnya, kami akan mengajukan anggaran ke pemerintah pusat, sebab untuk membangun BBI butuh anggaran yang besar,” jelasnya.

Tambahnya, selama ini benih ikan yang digunakan oleh nelayan budidaya belum melalui proses seperti yang akan dilaksanakan oleh tenaga yang profesional.

”Selain memberi benih yang baik, pembinaan terhadap nelayan budidaya juga sangat penting dan itu akan dilakukan,” terangnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here