Tiga Rumah Pompa Stanby

0
666
MELINTAS: Warga Pelantar I sedang melintasi mesin Hidran yang ada di kawasan tersebut. f-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Tiga rumah atau mesin pompa yang menguhubungkan ke hidran stanby di daerah pelantar untuk memadamkan api saat ada kebakaran. Hal ini diberikanmengingat, kawasan pesisir sulit di lewati mobil pemadam kebakaran serta sebagian besar rumah terbuat dari papan.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Damkar Kota Tanjungpinang, Derry Ambary mengatakan, tiga rumah pompa ini terkoneksi langsung ke hidran-hidran yang berada disetiap pelantar. ”Tiga rumah pompa ini dibangun beberapa tahun lalu, sampai saat ini masih berfungsi,” katanya Senin (11/9).

Ketiga rumah pompa berada di pelantar Asam, pelantar Nusantara, dan pelantar Teladan. Derry menyebutkan, untuk perawatan rumah pompa dilakukan pengecekan minimal pertiga bulan sekali, iini perlu untuk memastikan kondisinya selalu bagus.

Fungsi rumah pompa menampung atau menyedot air asin yang nantinya didistribusikan ke hidran-hidran yang ada disettiap lorong. ”Kita dari Dampkar melakukan perawatan dan pengecekan untuk melihat serta memperbaiki bagian mesin yang karat,” sebutnya.

Menurutnya, pada bulan depan pihaknya akan turun ke daerah pelantar untuk melakukan penyuluhan penggunaan kompor gas. Ini juga perlu menghindari adanya ledakan dan kebakaran. ”Rencananya berikan penyuluhan kepada masyarakat sehingga pada saat ada kebakaran masyarakat sudah bisa mengatasi,” jelasnya.

Sedangkan untuk tempat usaha yang berada didaerah pelantar, Darry menyebutkan, tempat usaha harus disediakan tabung racun api dengan berat minimal lima kilo. ”Setiap tahun kita lalukan pengecekan kepada pemilik gedung dan tempat usaha memastikan memiki racun api,” uajrnya.

Sebelumnya, masyarakat setempat sempat meminta ada pelatihan untuk mengoperasional hidran di kawasan tersebut. Jangan sampai ketika ada kebakaran pihaknya tak bisa menggunakan. ”Kita inginnya ada pelatihan menggunakan hidran, tapi sampai kini belum ada,” tuturnya salah satu warga.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here