Tiga Sukhoi Patroli Amankan Kepri

0
94
TIGA Sukhoi diparkir di Bandara Hang Nadim. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Tiga unit pesawat Sukhoi, disiagakan di Bandara Hang Nadim. Pesawat-pesawat tempur akan siaga hingga 2 November 2018, sekaligus melakukan patroli dalam rangka operasi rutin, tangkis petir di wilayah udara Provinsi Kepri.

Selama operasi, diingatkan jika selama patroli berlangsung, pasawat yang melanggar ketentuan akan diambil tindakan.

Komandan Lanud RHF, Kolonel Penerbang M.Dadan Gunawan didampingi Komandan Skatron 11 Makasar, Kolonel Penerbang TNI AU Anton Paluguna, Selasa (30/10), mengakui pentingnya patroli di Kepri.

Alasannya, Kepri berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia dan Singapura.

”Kalau ada pelanggaran akan ditindak. Seperti mendarat paksa, atau dihalau. Kalau temuan, sekarang belum ada. Dulu di Makassar pernah dan kita tindak,” tegasnya.

Dijelaskannya, jika pengamanan wilayah udara Kepri dilakukan dalam rangka operasi kilat petir. Masih dalam rangka operasi itu, disiagakan helikopter 725 Caraca, dan satu pesawat Hercules. ”Diturunkan tiga pesawat Sukoi TS-2705 dan 2 TS-3010 yang sekarang ada di sini, Hang Nadim,” jelasnya.

Demikian, walau diakui di Kepri merupakan wilayah yang sangat penting, karena berbatasan dengan negara tetangga, namun belum ada kekuatan permanen. ”Kalau ada operasi seperti tangkal petir, baru ada pesawat tempur khusus patroli,” bebernya.

Sementara Asisten Operasi Kohanudnas TNI AU, Kolonel Penerbang Yosta Riza menyampaikan, pesawat tempur itu, dari skadron udara11 yang bermarkas di Makasar. Operasi kilat petir ini juga dilaksanakan di seluruh batas udara Indonesia.

”Sekarang dilakukan di wilayah Kepri. Ini operasi rutin. Penempatan untuk permanen, belum ada. Tapi kami selalu siap tanggap, kalau ada ancaman gangguan,” tegasnya.

Diakui, kegiatan itu rutin dilakukan seluruh Indonesia, sejak 1 Januari sampai 31 Desember. ”Karena luas, maka kita lakukan bagi-bagi, sekarang di Batam. Ini untuk menjaga wilayah kita. Yang masuk wilayah kita harus kita ketahui,” imbuhnya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here