Tiga Tahun Lagi, Batam Teduh

0
659
TANAM POHON: Wali Kota Batam , HM Rudi saat menanam pohon ketapang, Sabtu (26/8). f-istimewa/humas pemko batam

Pemko Canangkan Sejuta Pohon Ketapang Kencana

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mencanangkan penanaman sejuta pohon Ketapang Kencana (terminalia mantaly) di Batam. Tiga tahun lagi, Batam akan teduh.

BATAM – Untuk memenuhi satu juta pohon ini, selain disediakan pemerintah, diimbau masyarakat dan pihak swasta untuk berpartisipasi. Dimana yang ditanam hari itu, bersama tim Pramuka Batam, sebanyak 1.020 pohon. Pencanangan dilakukan dengan penanaman pohon oleh anggota Pramuka di kawasan Nagoya, Sabtu (26/8). ”Sesuai program awal RPJMD kita, suatu waktu nanti Batam akan dihiasi sejuta pohon Ketapang Kencana. Penanamannya sudah dimulai, tapi acara resminya hari ini,” kata Rudi.

Baca Juga :  Karang Taruna Harus Jadi Agen Perubahan

Tidak berhenti di situ, penanaman pohon akan terus dijalankan, sampai terpenuhi satu juta. Karena itu diharapkan partisipasi semua pihak. Misalnya ada perusahaan yang ingin lakukan penghijauan, bisa dengan menanam Ketapang Kencana. Masyarakat juga bisa berpartisipasi dengan menanam di halaman rumah. ”Bisa dimulai dari rumah. Lalu ke lingkungan. Lingkungan selesai, masuk ke jalan,” ujarnya.

Rudi mengatakan, pohon ini dipilih karena bisa menjadi peneduh. Ketika besar, pohon bersifat kokoh. Akarnya pun tunjang, masuk ke bumi, sehingga tidak merusak bangunan di sekitar. Daunnya pun berukuran kecil-kecil, tidak terlalu banyak menimbulkan sampah. Bentuk pohonnya pun bagus, seperti cemara. ”Kita harap ini jadi ikon baru buat Kota Batam. Jadi Batam akan dihiasi pohon ini semua. Hari ini fokus Nagoya, bulan depan pohonnya sudah besar, kita lanjutkan lagi. Kita mulai dari Batam bagian timur, ke Batam Centre, baru Sekupang, Batuaji, Sagulung,” kata dia.

Baca Juga :  Program CSR Baktiku Negeriku Raih Juara di Swiss

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, dan Pertamanan Pemko Batam, Herman Rozie mengatakan sejauh ini sudah 3.000-an Ketapang Kencana yang ditanam di Batam. ”Saat ini kita sedang upayakan pembibitan di nursery Temiang. Ada 10 ribu bibit. Mudah-mudahan tahun depan bisa tanam lagi. Umur pohon yang ditanam ini rata-rata satu tahun. Untuk capai ukuran besar, butuh sekitar tiga tahun,” kata Herman.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here