Tiga Tahun, Lebih dari 1.300 Unit Dibangun

0
410
BUPATI Bintan H Apri Sujadi meletakan semen di pondasi RTLH, di sela kunjungan kerja ke Tambelan, tahun lalu.F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

Besok, Asri Bahas Lanjutan Rehabilitasi RTLH di Musrenbang

Tiga tahun masa pemerintahan Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wabup H Dalmasri Syam, lebih dari 1.300 unit rumah warga kurang mampu yang telah dibangun. Apri-Dalmasri (Asri), akan melanjutkan program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ini.

BINTAN – BAGI Bupati Bintan H Apri Sujadi, rehabilitasi RTLH bagi keluarga kurang mampu ini, merupakan program yang mesti dijalankan. Karena, menjadi kegiatan utama pada program pengentasan kemiskinan. Kegiatan rehabilitasi RTLH tersebut menjadi komitmen Pemkab Bintan. Tujuannya, untuk mengurangi beban keluarga miskin, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Baca Juga :  Kemensos Instruksikan Tutup Lokalisasi

”Selama 3 tahun, kami terus menjalankan program rehabilitasi RTLH. Sudah lebih 1.300 unit yang kita bangun. Jumlah pembangunan RTLH itu, berasal dari APBD Kabupaten Bintan,” tegas H Apri Sujadi, Selasa (12/3) kemarin.

Seperti konsep awal, jelas H Apri Sujadi, kegiatan RTLH dibangun dan dikerjakan secara swakelola, dengan ukuran rumah 5 meter x 6 meter. Selain itu, RTLH yang dibangun juga menitikberatkan pada kualitas bantuan yang diberikan. Bangunan yang layak dihuni itu, diperkirakan menelan biaya mencapai Rp25 juta. Namun, tergantung tempat atau lokasinya.

Dalam menjalankan program RTLH ini, H Apri Sujadi menyampaikan, awalnya Pemprov Kepri akan membantu kabupaten/kota, dengan perbandingan 2:1. Artinya, Pemprov akan membantu dua kali lipat, dari jumlah yang dijalankan oleh pemerintah kabupaten/kota.

Baca Juga :  Bangun UTD, Warga Tak Perlu Dirujuk

Misalnya, Pemkab Bintan membangun 500 unit. Pemprov akan membangun RTLH di wilayah Bintan sebanyak 1.000 unit. Namun, sejak tiga tahun terakhir pula, Pemprov Kepri tidak membantu untuk program RTLH itu. Justru itu, Pemkab Bintan masih membahas untuk kelanjutan program rehabilitasi RTLH ini, pada saat Musrenbang tingkat Kabupaten Bintan, Kamis (14/3) besok.

”Pada prinsipnya, kami akan berkoordinasi terus dengan Satker Kementerian, agar program RTLH bisa berjalan dengan baik di Bintan,” ujarnya.

Pada kesempatan lain, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbang) Bintan Luki Zaiman Prawira mengatakan, Pemkab Bintan akan melaksanakan Musrenbang 2019, Kamis (14/3) pagi besok. Musrenbang ini membahas untuk semua program, yang akan dijalankan pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga :  Cuaca Buruk, Melaut Rugi, Tak Melaut Pun Rugi

”Semua program akan kita bahas, dan disesuaikan dengan kemampuan anggaran. Program pengentasan kemiskinan, kesehatan dan pendidikan, serta infrastruktur masih menjadi prioritas. Di samping program lainnya,” demikian Luki.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here