Tim Kompang Malaysia dan Singapura Belajar di Karimun

0
537
DENGAR: Tim kesenian kompang Paluan Mim asal Malaysia dan Singapura mendengar 12 pukulan kompang diiringi Barzanzi oleh tim kompang di Sei Pasir, Karimun. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – Tim Kesenian Kompang Paluan Mim, yang merupakan gabungan seniman asal Malaysia dan Singapura melakukan lawatan persahabatan ke bumi berazam Karimun. Tujuannya adalah untuk mempelajari kesenian kompang khas Karimun lengkap dengan barzanji.

”Mereka sengaja datang untuk melihat 12 pukulan kompang khas dengan lagu surat barzanzi. Di tempat mereka, pukulan itu sangat jarang terdengar bahkan bisa dikatakan tidak ada. Jadi, mereka nak mendengar atau mempelajari pukulan itu,” kata Long, pembina tim kompang di Sei Pasir, Meral, Karimun.

Setelah mendengar pukulan kompang yang biasa dimainkan pemain kompang, para pemain asal negeri jiran itu mengaku kagum dan mau belajar.

Dengan demikian, lawatan ini menjadi awal persahabatan tim kesenian dari Malaysia, Singapura dan Karimun yang memiliki budaya serumpun yaitu budaya Melayu. Salah satu kesenian budaya Melayu adalah kompang.

Long juga mengatakan, dirinya bersama keluarga besarnya akan terus membina anak anak di Sei Pasir sehingga mau belajar kompang.

Agar kesenian ini bisa terpelihara sampai seterusnya. Ia juga mengakui minat belajar anak remaja untuk belajar kompang sangat rendah.

Ketika menerima kunjungan itu, ia awalnya tak menyangka akan kedatangan tim dari Malaysia dan Singapura yang datang untuk mempelajari pukulan khas kompang di Karimun. Sebab selama ini, tim kompang mereka sangat minim perhatian dari pemerintah meskipun telah berkali kali menjadi juara. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here