Tim Penilai Kunjungi Kampung Toga

0
146
KETUA tim penilai Tanaman Obat Keluarga (Toga) tingkat Nasional dari Kemenkes RI Siti Munawaroh berdialog dengan pengelola Kampung Toga di Kelurahan Harjosari, Tebing, Karimun. f-alrion/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – Tim penilaian kelompok asuhan mandiri kesehatan tradisional, melalui pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Toga) dan akupresur tingkat Nasional Tahun 2018 dari Kementerian Kesehatan, Kamis (13/9) mendatangi Kampung Toga di Kelurahan Harjosari, Tebing, Karimun.

Tim penilai yang diketuai Siti Munawaroh, disambut Bupati Karimun Aunur Rafiq di Kampung Toga asuhan mandiri Kunyit Asam bersama dengan pengelola Kampung Toga.

”Alhamdulilah, tim penilai sudah datang. Kami berharap saran dan masukan dari tim penilai, untuk memaksimal pengelolaan Toga ini. Pengelola sudah maksimal mengupayakan yang terbaik. Semoga hasilnya terbaik,” kata Aunur Rafiq.

Kata dia, pengelolaan toga dengan baik dapat menjadi sumber ekonomi baru ditengah masyarakat.

Menurutnya, Toga dapat diramu menjadi minuman kesehatan berupa jamu yang sangat bermanfaat dikala tubuh membutuhkan atau saat lelah.

Siti Munawaroh mengapresiasi masyarakat sekitar, atau kelompok pengelola Toga yang masih peduli dengan tanaman atau pengobatan tradisional di zaman kemajuan saat ini.

Ia berharap, toga kelurahan harjosari menjadi motor penggerak pertumbuhan toga di Karimun.

Tidak menutup kemungkinan, kelak Kabupaten Karimun akan menjadi Kabupaten pertumbuhan toga tingkat Nasional.

Dalam memberikan penilaian, mereka akan bersikap objektif jika memang terbaik akan tetap menjadi terbaik.

Bersama tim, mereka melakukan wawancara dengan pengelola. Kemudian melihat produk hasil pengelolaan toga, jenis jenis tanaman yang ada dan kemudian penataan kampung toga sehingga menarik dan layak jadi tempat edukasi bagi masyarakat. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here