Tim Saber Pungli Incar Kepsek

0
940
Kompol Andy Rahmansyah

Penerimaan Siswa Baru Tahun Ajaran 2017-2018

Tingginya indikasi pungutan liar saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) di lingkungan sekolah, kini menjadi sorotan tim saber pungli. Bahkan tim Sabar Pungli Kota Tanjungpinang sudah mulai mengambil kiat-kiat, menjaring aksi pungli penerimaan siswa, sedang berlangsung.

TANJUNGPINANG – Ketua Tim Saber Pungli Kota Tanjungpinang, Kompol Andy Rahmansyah mengatakan, timnya sudah disebar di masing-masing sekolah, termasuk sekolah unggulan di Kota Tanjungpinang. Tim saber pungli juga sudah berkoordinasi dengan Wali Kota Tanjungpinang.

”Kami pantau PPDB itu. Jangan sampai terjadi pungli kepada masyarakat. Kalau ada akan kami sikat,” katanya, kemarin. Menurut Waka Polres Tanjungpinang tim Saber Pungli juga memantau komunikasi para anggota DPRD, Kepala Sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, terkait penerimaan siswa baru. Jangan sampai ada titipan siswa dengan ujung-ujungnya pungli. Andy berharap kepada seluruh sekolah-sekolah untuk tidak melakukan pungutan-pungutan liar pada penerimaan murid baru tahun ini. Berkerjalah sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga :  Suzuki Berbagi dengan Anak Yatim

”Bagi para guru-guru, kepala sekolah dan panitia penerimaan murid baru diharapkan tidak melakukan pelanggaran yang bersifat pungli dan lain-lain,” katanya. Menurutnya pada prinsipnya supaya penerimaan perserta didik baru ini, transparan dan tidak ada embel-embel yang lain. Seperti pungutan liar dan dalam penerimaan perserta didik baru ini jelas dengan ketententuannya.

”Kententuan ini tergantung dari kebijaksanaan pemerintah kota yang tidak melangkahi aturan yang telah ditetapkan,” jelasnya.  Olebh sebab itu, pihaknya mengimbau kepada sekolah-sekolah dan panitia penerimaan perserta didik baru sesuai dengan aturaan yang berlaku. Pihaknya berharap tidak ada pelanggaran yang bersifat pungli dan lain-lain. Bila ada ditemukan pungli orang tua wali murid untuk segera melaporkan.

Baca Juga :  Lapangan Tembak Marinir Dibuka untuk Umum

”Jika kita menemukan pungli maka akan kita tindak tegas dan bagi orang tua yang menemukan tindakan pungli diluar persyaratan yang telah ditetapkan dapat menghubungi kita,” ujarnya. Ia juga minta agar orang tua jangan memberikan pungli kepada panitia, dengan maksud agar anaknya diterima di sekolah favorit, meskipun nilainya atau aturanya tidak bisa. Sebab penerima dan pungli sama-sama pidana. ”Waspada jangan coba-coba bermain pungli saat penerimaan siswa baru,” tegasnya.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here