Timpora Bintan Buat MoU

0
139
WAKIL Bupati Bintan H Dalmasri Syam didampingi Sekda Adi Prihantara menandatangani nota kerja sama (MoU) penguatan tugas dan fungsi Timpora, Selasa (19/3). f-istimewa

Penguatan Tugas dan Fungsi Pengawasan Orang Asing

Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Bintan membuat nota kerja sama (MoU) dalam penguatan tugas dan fungsi, Selasa (19/3) kemarin. Penandatanganan ini dilakukan Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam bersama Imigrasi Tanjunguban dan Imigrasi Provinsi Kepri.

BINTAN – TIMPORA Kabupaten Bintan melakukan penandatanganan MoU penguatan tugas dan fungsi ini, bertujuan untuk meningkatkan pengawasan serta memperkuat sinergisitas antara seluruh elemen terkait. Kemudian, semua unsur saling memberikan perkembangan informasi keberadaan orang asing, khusunya yang ada di wilayah Kabupaten Bintan.

Penandatanganan MoU di ruang rapat II Kantor Bupati Bintan ini dihadiri unsur-unsur Timpora seperti Imigrasi, Disnaker, Bea Cukai, kepolisian, TNI, Kejaksaan Negeri, BIN, Disnaker, camat serta unsur-unsur lainnya. Pertemuan pembahasan dan evaluasi pengawasan orang asing ini, dipimpin oleh Wabup Bintan H Dalmasri Syam didampingi Sekda Adi Prihantara.

Kepala Divisi Imigrasi Ahmad Firmansyah mengatakan, maksud dibuat MoU penguatan tugas dan fungsi ini, untuk memudahkan melakukan komunikasi, koordinasi dan tukar menukar informasi, guna pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing. Sehingga, pengawasan dan intelijen keimigrasian dapat berjalan sesuai dengan UU.

Kemudian, tujuan dari pembentukan sekretariat Timpora, untuk memudahkan melakukan pengumpulan informasi atas keberadaan dan kegiatan orang asing, guna pengawasan dan penegakan peraturan keimigrasian.

”Ke depannya, Timpora Bintan bukan hanya melakukan pengawasan saja. Namun secara berkala, akan dilakukan operasi gabungan terhadap orang asing,” tegasnya.

Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam menyambut baik terbentuknya Timpora. Karena, peran, tugas dan tanggung jawab sudah dituangkan dalam surat keputusan. Setiap bidang sudah ada tanggung jawabnya masing-masing.

”Jika suatu saat dilakukan operasi gabungan, tim kita sudah benar-benar siap,” ujar H Dalmasri Syam.

”Selain pembentukan Timpora, tidak lupa kita juga harus mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDA) yang andal. Agar ketika bertugas, dapat terlaksana secara maksimal dan optimal,” sambung H Dalmasri Syam. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here