Tinggalkan Lingga, Alias Wello Nyalon di Bintan

0
467
BUPATI Lingga H Alias Wello panen perdana padi di Desa Lanjut, Kabupaten Lingga, belum lama ini.
Bupati Lingga Alias Wello akan meninggalkan jabatannya sebagai Bupati Kabupaten Lingga. Selanjutnya, Alias Wello yang akrab disapa Awe ini bakal mencalonkan diri sebagai calon Bupati Bintan di Pilkada serentak 2020 mendatang.

BINTAN – Selama menjabat Bupati Lingga, Awe membikin banyak terobosan dalam pembangunan. Mulai dari sektor pertanian sampai dengan mendatangkan sejumlah investasi. Tak ayal, Lingga lebih menjadi perhatian sejumlah menteri di masa pemerintahan Presiden RI Jokowi. Nama Kabupaten Lingga cukup harum di level nasional.

Untuk lokal sendiri, di masa kepemimpinan Awe, APBD Lingga yang awalnya (2016) masih mencapai Rp700-an miliar, sekarang sudah melebihi Rp1 triliun. Padahal, di awal masa pemerintahan Awe, Pemkab Lingga masih punya utang ke pihak ketiga melebihi Rp127 miliar. Begitu juga dengan PAD Lingga, dari Rp16 miliar, kini sudah Rp35 miliar.

Baca Juga :  Ketua DPRD Bintan di Bawa ke RS Singapura

Peningkatan pencapaian PAD melebih dari 100 persen, dalam jangka 4 tahun. Meski potensi PAD Lingga, jauh lebih kecil dibandingkan Kabupaten Bintan maupun daerah seKepri lainnya.

Sedangkan angka kemiskinan, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lingga tahun 2019, mengalami penurunan drastis. Dari 13.220 jiwa turun menjadi 11.560 pada tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja di Lingga terbuka, dari implementasi program ekonomi kerakyatan, seperti ekspansi budi daya tanaman padi untuk sektor pertanian.

Selasa (14/1) lalu, Awe menyatakan, tidak akan maju sebagai calon Bupati Lingga, pada Pilkada serentak 2020. Tapi, Awe menyatakan secara tegas, kembali maju sebagai calon Bupati Bintan di Pilkada 2020 ini. Sebelumnya, Awe pernah maju di Pilkada Bintan, berpasangan dengan Andi Masdar Paranrengi.

Baca Juga :  BTN Hadir di Tanjunguban

”Saya bukan orang baru di Bintan. Dulu, saya juga pernah maju di Pilkada Bintan, dan menang di beberapa TPS. Sekarang, ingin maju lagi di Pilkada Bintan,” tegas Awe.

Keputusan Awe ingin maju di Pilkada 2020 Bintan itu pun sudah disampaikan kepada Ketua Bappilu DPP Partai NasDem, Prananda Surya Paloh, di Jakarta, Selasa. Dalam pertemuan ini, Alias Wello menyampaikan capaian-capaian Partai NasDem Kabupaten Lingga, sebagai pemenang selama dua periode masa penyelenggaraan Pemilu, secara berturut-turut.

”Dulu kan saya sudah sampaikan, menjadi bupati atau memimpin Kabupaten Lingga itu, cukup satu periode. Saatnya saya meninggalkan Lingga. Selanjutnya, Wakil Bupati saya (M Nizar) yang maju jadi pemimpin di Lingga, di Pilkada 2020,” tegas Alias Wello.

Baca Juga :  Apri Janjikan Peningkatan Pelayanan Kesehatan

”Kalau saya, ingin nyalon sebagai Bupati Bintan, pada Pilkada 2020 ini,” sambungnya.

Selama menjabat Bupati Lingga, Awe dikenal seorang kepala daerah yang tidak mau menggunakan dana APBD, untuk hal-hal yang berbau pemborosan. Terlebih lagi untuk urusan keluarga. Bahkan, Awe tidak mengharapkan biaya perjalanan dinas, saat melobi anggaran pusat. Di Bintan, Awe akan membikin gebrakan serupa.

”Apa yang sudah dilakukan di Lingga, tak jauh beda akan dilakukan juga di Bintan. Tapi, ini ada prosesnya,” demikian penuturan Awe. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here