Tingkat SDM ASN, BKPSDM Gelar Uji Kompetensi Inpassing

0
1525
UJI KOMPETENSI: Dua orang ASN Pemprov Kepri mengikuti uji kompetensi inpassing jabatan fungsional, yang diselenggarakan di Hotel Aston, Tanjungpinang, baru-baru ini.F-ISTIMEWA

DOMPAK – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Kepri, terus berusaha meningkatkan kualitas SDM bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kepri. Satu dari beberapa upaya itu, antara lain melakukan uji kompetensi inpassing jabatan fungsional, bagi arsiparis dan sejumlah PNS (ASN) di Hotel Aston, Tanjungpinang, Novemberlalu.

Kepala BKPSDM Kepri Drs Firdaus MSi menyampaikan, semua kegiatan pemerintahan akan dipertanggungjawabkan. Apabila tidak ada bahan pertanggungjawaban, maka pemerintah dianggap tidak transparan dan otoriter, yang berakibat pada hilangnya serpihan sejarah penyelenggaraan pemerintahan.

Baca Juga :  KNRP dan Relawan Kepri Berlebaran dengan Pengungsi Palestina

Untuk mewujudkan penyelenggaraan kearsipan secara nasional perlu didukung dengan Sumber Daya (SDM) kearsipan yang berkualitas dan memadai, sesuai dengan kebutuhan dan standar yang telah ditetapkan. Justru itu, SDM kearsipan diperlukan, khususnya jabatan fungsional arsiparis yang berkualitas. SDM berkualitas ini, turut menentukan atau menjamin terwujudnya tujuan penyelenggaraan kearsipan sesuai Undang Undang Nomor 43 /2009 tentang kearsipan.

”Untuk mendapatkan SDM arsiparis berkualitas itu, maka digelar uji kompetensi inpassing jabatan fungsional itu. Uji kompetensi tersebut dilaksanakan untuk calon pemangku jabatan fungsional arsiparis, pranata humas dan pejabat pengadaan barang jasa,” jelas Firdaus, kemarin.

Baca Juga :  Edaran Bupati, Ditiadakan Salat Tarawih Berjemaah

Untuk uji kompetensi inpassing pejabat pengadaan barang jasa, selain penilaian portofolio, BKPSDM Kepri juga menggelar pelaksaan CAT. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 26 tahun 2016 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil, dalam jabatan fungsional melalui penyesuaian/inpassing dan berdasarkan peraturan dari instansi pembina masing masing jabatan Fungsional.

Sebelumnya, Amril A Gani SSos MSi Kabid SDM pada BKPSDM Provinsi Kepri menyampaikan, uji kompetensi inpassing jabatan fungsional tersebut bertujuan untuk guna mendorong percepatan pengangkatan PNS di lingkungan Pemprov Kepri ke dalam jabatan fungsional. Dengan diselenggarakannya uji kompetensi ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan peningkatan kompetensi guna pengembangan karir jabatan fungsional.

Baca Juga :  Kaum Ibu Titip Pengembangan UMKM ke Ansar-Marlin

Kegiatan ini sesuai dengan UU 5/2014 tentang ASN, dan UU 23/2014 tentang pemerintahan daerah, yang mengamanatkan pemerintah dalam pembinaan ASN. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here