Tingkatkan Kinerja ASN

0
618
Salaman: ASN Pemprov Kepri menyalami gubernur Kepri Nurdin Basirun beberapa waktu lalu.

MBS yth saya berharap para asn dan para honorer yg ada di prov kepri kedepankanlah etos kerja kalian karena kalian di gaji dari pajak kami
+6285668430035

TANGGAPAN:
Pejabat Pemprov Kepri sudah menerapkan aplikasi untuk mengevaluasi kinerja pejabat berbasis aplikasi. Sistem kerja aplikasinya akan mengetahui progres kerja pejabat dimasukkan ke aplikasi tersebut. Sehingga, gubernur atau sekda bisa memantau perkembangan kinerja para pejabat.

Tentu kita semua berharap setiap OPD kerjanya tidak lambat. Apalagi, banyak yang harus dibangun di Kepri. Untuk membangun Kepri sendiri tidak semudah di provinsi lain dengan kondisi daratan.
Aplikasi ini lah. Untuk evaluasi kinerja pejabat,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, baru-baru ini di Tanjungpinang.

Untuk para pegawai baik ASN atau PTT juga mesti senantiasa menjaga disiplin dalam bekerja. Disiplin merupakan bagian dari tanggung jawab kerja dan tanggung jawab ASN kepada pekerjaan itu sendiri serta kepada masyarakat. Sekarang, sudah ada Pergub tentang disiplin pegawai di lingkungan Pemprov Kepri.

Dalam penerapannya tentu ada sanksi-sanksi di dalamnya. Dan sanksi itu merupakan cara agar kita semua selalu sadar dan ingat akan tanggung jawab kita dalam bekerja sebagai ASN. Dan finger print ini adalah salah satu cara untuk mendisiplinkan ASN.

Contoh sanksi yang diberlakukan adalah masalah pemotongan penghasilan. Setiap pegawai yang tidak masuk akan kehilangan penghasilannya sekian persen. Dan hal ini akan dikalikan dengan jumlah hari ASN tidak masuk.

Sistem finger print ini bukan hal baru. Ini sudah ada sejak dua tahun lalu diberlakukan di kantor-kantor kementerian. Dan ini sangat efektif untuk menjaga kedisiplinan pegawai. Selain itu, masalah disiplin juga bisa dilakukan dengan cara pengawasan berjenjang.

Kepri ini memiliki potensi untuk berkembang dan untuk mewujudkannya maka butuh sumber daya manusia yang andal.

Ini merupakan aspek utama yang harus diperhatikan. Di era penuh persaingan ini, Kepri dituntut untuk mampu menghadapinya. Untuk itu dibutuhkan SDM yang berkualitas. Maka kerja sama dengan perguruan tinggi salah satu hal yang positif yang bisa meningkatkan pendidikan SDM yang ada di Kepri. (mas)

TS Arif Fadillah
Sekdaprov Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here