Tingkatkan Mutu, Puskesmas Diaudit

0
155
STAF DKPPKB Lingga foto bersama kepala dan staf Puskesmas di Lingga usai kegiatan audit internal peningkatan mutu puskesmas. f-istimewa
Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga menggelar workshop audit internal, dan tinjauan manajemen terhadap ketiga Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

LINGGA – Wokrshop dilakukan, untuk meyakinkan 3 Puskesmas lokos dari akreditasi yang akan mengikuti program akreditasi. Ketiga puskesmas tersebut yakni Puskesmas Posek, Lanjut dan Puskesmas Resang.

”Tujuan kegiatan ini yang pertama, untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai pelaksanaan program peningkatan mutu,” kata Kepala seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan, Ahmad Mudlofir DKPPKB Lingga, Minggu (7/4).

Selain untuk program akreditasi, lanjut Ahmad Mudlofir, tujuan kegiatan juga memberikan pemahaman kepada peserta sehingga mampu melaksanakan audit internal dan rapat tinjauan manajemen.

Kemudian, meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan dalam melaksanakan audit internal dan tinjauan manajemen.

”Out put yang diharapkan pada kegiatan ini, yaitu diperolehnya tenaga kesehatan yang kompeten sebagai perpanjangan tangan DKPPKB Lingga. Untuk melaksanakan audit internal, dan rapat tinjauan manajemen di Puskesmas masing-masing,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, audit internal dilakukan agar pelayanan kesehatan di Puskesmas dikelola dengan baik dan memastikan institusi pelayanan memberikan pelayanan yang bermutu.

Selain itu, sebagai wujud akuntabilitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat atas berbagai laporan dari masyarakat.

”Jadi, audit internal ini merupakan salah satu mekanisme untuk menilai kinerja Puskesmas yang dilakukan oleh tim audit internal yang dibentuk oleh kepala puskesmas berdasarkan standar, kriteria, atau target yang ditetapkan,” imbuhnya. (TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here