Tingkatkan Pelayanan, Dinkes Perbaiki Alkes

0
447
PUSKESMAS: Suasana di Puskesmas Kecamatan Jemaja. Warga Letung Jemaja minta tambahan dokter. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Kadis Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Anambas Herianto, melakukan perbaikan sejumlah peralatan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

”Untuk alat-alat yang masih bisa diperbaiki, dilakukan perbaikan. Kalau memang harus diganti, kita ganti. Saat ini proses perbaikannya sudah berjalan, sebagian peralatan sudah kembali normal dan berfungsi lagi, seperti alat rontgen,” jelas Herianto kepada wartawan, Rabu (15/2).

Diakuinya, masih ada fasilitas yang masih belum dapat diperbaiki, seperti peralatan anastesi dan perbaikannya harus dilakukan di luar daerah.

Secara perlahan dilakukan perbaikan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan hal itu bagian dari sangat penting bagi pelayanan kesehatan yang maksimal.

Meskipun perbaikan pada peralatan kesehatan, namun Herianto tidak mengelak fasilitas infrastruktur pendukung kesehatan belum bisa dipenuhi secara maksimal.

Seperti diketahui, dua puskesmas yang ada di Jemaja sebelumnya mendapat sorotan dari masyarakat karena hingga kini belum memiliki ruang Unit Gawat Darurat (UGD), termasuk ruang bersalin yang layak.

”Kita sudah cek secara keseluruhan, namun untuk tahun 2017 tidak bisa terakomodir dengan baik terkait pemenuhan kebutuhan seperti ruang UGD disejumlah Puskesmas akan di usulkan di anggaran 2018 mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, warga kelurahan Letung Kecamatan Jemaja Mardat mengatakan pelayanan kesehatan yang dialami oleh masyarakat cukup baik, tapi yang menjadi kendala adalah tenaga medis dokter spesialis.

Kini ketersedian dokter di Rumah Sakit Bergerak (RSB) salah satu contohnya hanya ada satu orang dokter umum dan lainya hanya perawat.

”Kami nilai perlu ada penambahan tenaga medis yakni dokter, jika diperbanyak perawat juga tak baik. Kini yang tersedia hanya satu orang saja,” tegasnya. (cr29)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here