Tingkatkan Produk Unggulan Desa

0
652
CENGKIH: Salah seorang ibu rumah tangga sedang memilih cengkih setelah panen. f-HARDIANSYAH/tanjungpinang pos

NATUNA – Pemerintah Kabupaten Natuna masih tetap fokus memperhatikan infrastruktur desa, dan berupaya meningkatkan produk unggulan kawasan pedesaan. Namun, lajunya pembangunan infrastruktur diharapkan dapat meningkatkan potensi desa di beberapa sektor.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal mengatakan, pemerintah masih tetap fokus pada pembangunan di desa. Ia menjelaskan, tidak hanya memperhatikan infrastruktur dasar, namun dapat melalui upaya peningkatan produk-produk unggulan desa.

Menurut data pemerintah, sebanyak 82 hingga 77 persen penduduk desa bermata pencaharian dari sektor pertanian. ”Di Natuna banyak potensi unggulan yang terdapat di desa, yang hingga kini belum tergarap maksimal,” jelas Hamid, kemarin.

Baca Juga :  SAKIP Mengalami Peningkatkan ke B Plus

Ia menambahkan, pemerintah pusat telah meminta daerah untuk fokus membangun desa. Untuk itu, produk unggulan kawasan pedesaaan menjadi target pengembangan seperti sektor pertanian.

”Sebagai daerah yang terdiri dari pulau-pulau, tentunya memiliki potensi yang dapat dijadikan roda perekonomian untuk masyarakat,” terangnya.
Dalam upaya itu, peningkatan ekonomi masyarakat desa perlu didorong partisipasi masyarakat luas untuk terlibat secara langsung diberbagai aktivitas ekonomi pedesaan dan memberi ruang para pelaku ekonomi pemerintah, pengusaha dan masyarakat. Hamid mengungkapkan, langkah tepat untuk meningkatkan produktivitas pertanian adalah pembangunan embung.

Baca Juga :  Kekurangan Guru, Bupati Curhat ke Menpan-RB

”Pembangunan embung yang tidak terlalu memakan anggaran yang besar, namun dapat memberikan dampak positif sektor pertanian, budidaya, wisata maupun konservasi di tingkat pedesaan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ungkapnya. Ia mengimbau agar masyarakat mengelolanya secara baik dan memperoleh hasilnya. (cr25)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here