Tingkatkan Sadar Hukum, Menkumham Kepri Gelar Lomba Kadarkum

0
231
Plt Gubernur Kepri H Isdianto memukul Gong, Saat membuka lomba Kadarkum tingkat Provinsi Kepri di Aula Kantor Gubernur Provinsi Kepri, Dompak

Dompak – Plt Gubernur Kepri H Isdianto secara resmi membuka Lomba Kadarkum (Kelompok Keluarga Sadar Hukum) Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2019 di Aula Wan Seri Beni, kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kamis (17/10).

Dalam sambutannya, Isdianto mengatakan bahwa Indonesia sebagai Negara Hukum (berdasarkan amanat UUD 1945 pasal 3) dalam mewujudkan negara hukum, dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional pembangunan hukum dan HAM merupakan program prioritas yang diselenggarakan melalui pembinaan hukum nasional.

“Dalam membentuk budaya hukum di masyarakat maka dibutuhkan kegiatan-kegiatan yang dimuali dari akar yakni pembinaan dan pembentukan desa sadar hukum, penyuluhan hukum dan lomba kelompok keluarga sadar hukum, dengan harapan kedepan adalah masyarakat memahami hukum, sadar hukum dan implementasinya taat hukum,” kata Isdianto.

Menyikapi masalah hukum yang terjadi saat ini lanjut Isdianto, misalnya seperti masih tingginya tindak kriminal dan berkembang pesatnya hoaks serta ujaran kebencian melalui media sosial, tentunya semua sepakat bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan kesadaran dan budaya hukum masyarakat urgent untuk dilaksanakan.

“Taat dan sadar hukum seyogya nya dapat meminimalisir tingkat kriminal serta mewujudkan kondisi masyarakat yang aman, tentram, damai dan sejahtera serta menciptakan kepastian hukum yang berimbas positif terhadap iklim investasi yang mampu menunjang pertumbuhan ekonomi,” lanjutnya.

Pelaksanaan lomba kata Isdianto, merupakan salah satu bentuk hadirnya Pemerintah bukan sekedar seremonial belaka namun juga sinergitas bersama Kementerian Hukum dan HAM di wilayah Kepri dalam rangka mewujudkan masyarakat Kepri yang paham, sadar dan taat hukum.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar serta membawa manfaat yang sebesar-besarnya dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman hukum bagi masyarakat Kepri,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri Zaeroji melaporkan bahwa kegiatan perlombaan ini merupakan program yang bersifat nasional dan bentuk kerja sama antara Kanwil Kemenkumham Kepri bersama-sama Pemerintah Provinsi Kepri.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberi energi positif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran hukum dalam upaya membentuk masyarakat yang taat hukum,” kata Zaeroji.

Adapun peserta yang mengikuti perlombaan sebanyak 7 tim yang berasal dari perwakilan masing-masing kabupaten dan kota se Kepri. Dengan materi yang di perlombakan meliputi: 1. UU tentang Lalu Lintas dan Jalan raya; 2. UU tentang Pemberantasan Tindak Pidana Orang; 3. UU tentang Sistem Peradilan Anak; 4. UU tentang Informasi dan Transformasi Elektronik; 5. UU tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dan 6. UU tentang Narkotika.(ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here