Tira Ettawa Pasok Kambing ke Ibukota

0
1396
Ternak kambing: Kurniawan, pemilik Tira Ettawa (tengah) bersama pekerja di lahan ternak kambing di Jalan Ganet, Tanjungpinang, kemarin. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Bagi yang sedang berburu daging kambing, Tira Ettawa bisa menjadi salah satu solusinya. Tira Ettawa adalah tempat ternak hewan kambing di Gang Somel, Jalan Ganet, tepatnya di depan Perumahan Merpati Putih. Kambing yang diternak di Tira Ettawa ini dipasok dari Lampung oleh Kurniawan, selaku pemilik usaha.

”Untuk pertama ini kita baru datangkan 57 ekor kambing. Kalau laku kambing, saya akan datangkan lagi dari Lampung,” kata Kurniawan, Rabu (9/11).

Menurutnya, kambing yang diternaknya umumnya sudah layak untuk dikonsumsi. Tentang harga, ia mengaku relatif murah. ”Ada yang Rp 1 juta ada juga yang sampai Rp 2,6 juta,” sebutnya.

Baca Juga :  Tim Mahkamah Agung Tinjau PN

Untuk kambing yang hargaya Rp 1 juta, usianya sudah lima bulan. Sedangkan kambing yang usia delapan dibanderol Rp 1,7 juta. Kalau kambing yang berusia delapan bulan, kata dia, sudah siap dikawinkan dengan kambing lainnya. “Yang usia lima bulan, masih cocok untuk dijadikan bibit,” sebutnya.

Harga tersebut, sambungnya, berbeda dengan kambing yang layak untuk dijadikan akikah yang dibanderol Rp 2,2 juta sampai Rp 2,6 juta. Selain menjual kambing, Kurniawan juga mengaku pihaknya siap membantu masyarakat untuk menyembelih kambing. ”Kita punya penyembelih kambing. Penyembelih kambing ini imam masjid di salah satu masjid di Tanjungpinang,” sebutnya.

Baca Juga :  Dana Gerak Jalan di KONI Jadi Pertanyaan

Selain itu, sambungnya, ia juga akan memasok daging kambing segar ke Pasar Bestari Bintancenter. ”Rencananya, pada Sabtu (11/11) kita akan memasok daging kambing segar. Harganya sekitar Rp 140 ribu per kilogramnya. Berbeda dengan harga tulang kambing yang hanya mencapai Rp 120 ribu per kilogram,” sambungnya.

“Untuk Jeroan, kata Kurniawan, harganya Rp 100 ribu per kilogramnya,” ucapnya. Alasan memilih berbisnis daging kambing di Tanjungpinang, karena selama ini tidak ada orang yang menjual daging kambing segar di pasar tradisional Tanjungpinang. Padahal, peminat daging kambing cukup tinggi.

Baca Juga :  Data Ganda Capai 889 Orang

Menurut Kurniawan, seriap orang yang lagi ingin daging kambing, selalu saja pergi ke rumah makan yang jual sate kambing hingga gulai kambing. ”Selama ini, warga Tanjungpinang sulit untuk mednapatkan daging kambing mentah untuk dibawa pulang dan dimasak sendiri di rumah. Dan Sekarang Tira Ettawa menawarkan solusinya dengan menyediakan daging kambing mentah,” sebutnya. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here