Titik Api Bermunculan di Pulau Bunguran

0
185
KABUT asap dari kebakaran lahan menutupi area Masjid Agung Natuna. f-hardiansyah/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Kebakaran lahan masih terjadi disejumlah titik di Pulau Bunguran besar Natuna. Hal ini akibat cuaca panas yang terjadi di wilayah Kabupaten Natuna, sejak beberapa bulan terakhir.

Pantauan Tanjungpinang Pos, selain puluhan hektar lahan di kawasan Kecamatan Bunguran Selatan habis terbakar disusul juga dengan lahan masyarakat di sekitaran Kota Ranai, juga ikut menjadi penyumbang asap.

Akibatnya, udara di Natuna sedikit panas. Kondisi ini tentu menjadi kekhawatiran bagi masyarakat, khususnya anak-anak yang kerap main di luar rumah.

Pasalnya, dengan kondisi udara saat ini dapat mengakibatkan infeksi saluran pernafasan.

”Udaranya panas, mata perih dan kasian anak-anak,” ujar Wati salah satu ibu rumah tangga di Ranai, Kamis (21/3).

Ia berharap, cuaca panas ini tidak dimanfaatkan warga untuk membakar lahan. Sebab jika dibiarkan, akibatnya fatal dan api meluas.

”Biasanya saya buka pintu dan jendela rumah. Sejak cuaca panas ditambah asap, pintu dan jendela situtup,” tandasnya.

Sebelumnya, Februari lalu juga terjadi kebakaran lahan sekitar 15 hektare terjadi di Desa Teluk Buton tepatnya, Rabu (13/2).

Peristiwa ini, tentunya mengancam pemukiman warga Desa Teluk Buton.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Natuna, Syawal Saleh melalui Kasi Pemadam Kebakaran (Damkar) Elkadar Lesmana menuturkan, kebakaran itu terjadi dihutan semak belukar dekat perkampungan Desa Teluk Buton. Peristiwa itu diduga terjadi akibat adanya gesekan kayu kering, yang kemudian memunculkan api.

Api tersebut langsung membesar dan menjalar, karena dipicu oleh angin kencang bertiup berjam-jam dan ditambah lagi dengan cuaca panas yang terjadi di Natuna belakangan ini.

Peristiwa kebakaran lahan yang satu ini terbilang cukup berbahaya, dan dikhawatirkan merambat ke pemukiman.

Lokasi kebakaran, berada tidak jauh dari pemukiman dan fasilitas TNI-AD yakni Kompi Baterai Armed. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here