Titik Api Dipantau Langsung dari Satelit

0
127
PERSONEL Satgas Karhutla Polres Bintan memantau titik api melalui monitor LED, di Mapolres Bintan, Rabu (26/2) siang kemarin. f-istimewa

BINTAN – Satgas Karhutla Polres Bintan terus memantau sejumlah kawasan berpotensi kebakaran lahan dan hutan, di wilayah Bintan. Kini pantauan tersebut langsung melalui satelit.

Pemantauan ini dilakukan untuk penindakan cepat. Bila terjadi kebakaran, segera diatasi agar tidak meluas. Kemudian waktu pemantauannya juga realtime dan sesuai kondisi lapangan.

Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Agus Hasanuddin menjelaskan, timnya melakukan pemantauan lewat monitor LED, yang ada di Mapolres Bintan. Bila ada kebakaran kata dia, akan muncul titik merah.

Baca Juga :  Warga Minta Lampu PJU Lintas Barat Diperbaiki

”Makanya, kami juga ingatkan kepada warga untuk menghindari pembukaan lahan dengan cara membakar. Karena ada sanksi pidananya,” kata Agus, Rabu (26/2) siang.

Ia menambahkan, anggota Tim Satgas Karhutla juga dibekali aplikasi berbasis android, yang bisa memantau titik api ketika terjadi kebakaran.

”Di aplikasi itu, kita akan tahu kejadiannya di mana. Supaya cepat penanganannya,” tambahnya.

Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono menambahkan, untuk mencegah karhutla sejumlah sarana prasarana yang dimiliki Polres Bintan, akan diberdayakan. Seperti mobil AWC.

Baca Juga :  SKL Prioritaskan Fasilitas Wisata dan Pendidikan

”Ya kami sudah siapkan. Tapi, upaya pencegahan melalui sosialisasi secara masif ke masyarakat, juga kita lakukan,” ujarnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here