TMMD Bangun 100 RTLH di Hinterland

0
518
Pelepasan TMMD: TMMD Wali Kota Batam Rudi melepas TMMD di Batam dengan disaksikan oleh Gubernur kepri Nurdin Basirun. f-istimewa/humas pemko batam

BATAM – Bersamaan dengan 100 tahun TNI manunggal membangun desa (TMMD), ratusan aparat TNI di Batam akan turun ke masyarakat. Mereka akan menjalankan sejumlah program, seperti pembangunan fisik dan non fisik. Untuk program fisik, TNI akan melakukan rehab terhadap 100 unit rumah tidak layak huni (RTLH).

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun melepas ratusan pasukan TNI itu, Rabu (27/9) di Sembulang, Galang, Batam. Pelepasan dilakukan setelah Wali Kota Batam, HM Rudi menandatanganan kerjasama pembangunan RTLH yang dianggarkan dari APBD tahun 2017. RTLH itu, sebanyak 30 unit di Sembulang, 35 unit di Belakangpadang dan 35 unit di Galang.

”Melakukan rehabilitasi terhadap rumah di Galang, Rempang dan Belakang Padang, sebanyak 100 unit rumah,” kata Dandim 0316 Batam, Letkol Dwi Sasongko.

Disampaikan, untuk TMMD yang akan berlangsung? 27 September hingga 27 Oktober 2017 ii, melibatkan 10 orang dari zeni Korem 033/WP, 90 orang dari Yonif RK 136/TS, 5 orang TNI AL dan 5 orang TNI AU. Selain itu, ada 150 orang Satgas TMMD serta sekitar 300 orang masyarakat. ”Kita mendapat dukungan dari penanggungjawab operasional TMMD dan Pemko Batam, untuk fisik (RTLH),” jelasnya.

Selain itu, ada juga tim asistensi yang dilibatkan sebagai tim penyuluh dari Kodim, Dinsos Batam, Kesbangpol, Polda Kepri, BNN Batam, Kemenag Batam, Dinas Pertanian dan BP3AKB Batam masing-masing dua orang. Sementara tim kesehatan, sebanyak empat orang, dari Dikes Batam dan Rumkitbant. Sementara untuk tim teknis, masing-masing dua orang dari Dinas Perumahan Rakyat Batam dan Balak Aju Zeni Rem 033.

”Selain bantuan untuk fisik, ada juga non fisik. Kita lakukan penyuluhan hukum, narkoba, kesehatan lingkungan, bela bangsa, penangkalan radikalisme dan pembinaan agama,” imbuh Dwi.

Wali Kota Batam, HM Rudi mengatakan, pembangunan RTLH dilakukan dengan partisipasi TNI. Diharapkan, kegiatan yang disinergiskan dengan TMMD, memberikan dampak lebih besar bagi masyarakat, karena disejalankan dengan kegiatan TNI lainnya. ”Kita kerjasama dengan TNI untuk hasil lebih maksimal. Terlebih sejalan dengan pembangunan nonfisik, berupa penyuluhan dan lainnya,” kata Rudi. Sementara, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan, kegiatan TMMD ini sangat baik karena membantu masyarakat.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here