TNI AD Gelar Lomba Karya Tulis Berhadiah Ratusan Juta

0
276
Dandim 0315 Bintan Letkol I Gusti Bagus Putu Wijangsa dialog dengan Walikota Tanjungpinang Sahrul dan Wakil Walikota Rahma beberapa waktu lalu.

TANJUNGPINANG – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 digelar serentak di sejumlah di Indonesia. Pada TMMD kali ini, Markas TNI AD menggelar lomba karya tulis bagi para wartawan. Ada empat tingkatan karya jurnalistik yang diperlombakan. Dua katagori untuk jajaran Kapendam dan Kodim dan dua katagori lagi untuk wartawan. Total hadiahnya hampir mencapai Rp150 juta.

Menurut Dandim 0315 Bintan Letkol I Gusti Bagus Putu Wijangsa, untuk lomba karya tulis untuk wartawan ini, ada ketentuan yang dibuat oleh Mabes Angkatan Darat.

“Selama ini, kegiatan TMMD sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama masyarakat pedesaan. Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari peran semua pihak yang terlibat di dalamnya termasuk pemanfaatan berbagai forum komunikasi yang ada di masyarakat dan pemanfaatan media massa yang dapat memberikan informasi ke masyarakat secara luas. Ini juga sebagai upaya memperbesar transformasi informasi kepada publik tentang kegiatan TMMD ini hingga perlu publikasi secara lebih luas. Salah satunya melalui Lomba Karya Jurnalistik tentang kegiatan TMMD. Tujuanya, agar masyarakat lebih mengerti dan memahami tentang kegiatan program TMMD yang dilaksanakan oleh TNI AD dan masyarakat serta seluruh instansi terkait,” sejut Dandim
Menurutnya untuk suksesnya lomba karya jurnalistik ini, sudah menerbitkan buku panduan pelaksanaan kegiatan lomba.

Dalam buku panduan yang dibagikan disebutkan ada empat katagori yang diperlombakan, untuk katagori pertama untuk para Kapendam, serta untuk kategori 2, untuk para wartawan media elektronik dan kategori 3, untuk para wartawan media cetak dan Online serta untuk kategori 4, untuk para Dandim/Dansatgas..

“Untuk Kapendam yang diperlombakan adalah hasil karya Jurnalistik terkait
TMMD di wilayah Kodamnya sebagai produk unggulan Pendam yang telah dipublikasikan di media elektronik, cetak dan online. Selain itu untuk para wartawan media elektronik, merupakan hasil karya video yang sudah ditayangandi media televisi dalam bentuk berita atau feature yang berkaitan dengan kegiatan TMMD ke-103 TA 2018. Seangkan untuk para wartawan media cetak atauonline yang dilombakan adalah karya tulis Jurnalistik tentang kegiatan TMMD ke-103 pada 2018 dalam bentuk artikel, opini, tajuk, dan berita dengan dilengkapi foto kegiatan. Sedangkan untuk para Dandim/Dansatgas yang dilombakan adalah banyaknya publikasi tentang kegiatan TMMD ke-103 tahun 2018 dari hasil karya jurnalistik yang dimuat dalam media massa yang ada di wilayah Kodim masing-masing dengan mendorong dan memberi motivasi kepada para wartawan.

Untuk para Kapendam hadiahnya berupa juara I nilainya Rp20 juta juara II dapat Rp15 juta dan juara III Rp10 juta. Sedangkan untuk para Dandim/Dansatgas yang berprestasi hadiahnya juara I senilai Rp15 juta, juara II dapat Rp10.000.000 dan juara III memperoleh Rp7,5 juta.

Sedangkan untuk tingkat wartawan media cetak dan online baik lokal maupun nasional hadiah juara I-nya Rp juta, dan juara II dapat Rp10 juta sedangkan juara III meraih Rp7,5 juta. Selain untuk media cetak dan online, ada juga lomba untuk wartawan media elektronik nasional maupun daerah dengan rincian hadiah yang disediakan juara I mendapat Rp15 juta, juara II memperoleh Rp10 juta dan juara III akan dapat Rp7,5 juta.
“Penilaian lomba dimulai pada minggu ke-III Oktober sampai minggu ke-III November 2018. penyerahan hadiah perlombaannya akan dilakukan pada Desember 2018 saat pelaksanaan Rapat Paripurna TMMD ke-39 TA 2018 oleh Panglima TNI dan Kasad,” terang Dandim.
Menurut Dandim, pengiriman produk dalam bentuk kliping, CD, flashdisk ke panitia lomba karya jurnalistik TMMD ke-103 TA 2018 ke alamat Dispenad Jalan Veteran N0.5 Jakarta Pusat atau melalui email ke alamat lkj_elektronik@tniad_mil.id untuk produk elektronik serta alamat lkj_cetak@tniad_mil.id untuk produk cetak. Sedangkan untuk produk online atau siber dikirim ke alamat email lkj_online@tniad_mil.id
“Lomba ini terbuka untuk wartawan maupun koresponden dan kontributor media massa elektronik daerah dan nasional yang ada di daerah. Pesertanya bisa perorangan atau tim dan jumlah jumlah peserta dari satu media tidak dibatasi. Peserta juga bebas memilih karya jurnalistik dalam bentuk audio visual dalam bentuk hardnews/softnews, feature, hasil wawancara, dan lain sebagainya,” sebutnya.
Hanya saja, sebutnya setiap karya jurnalistik yang dilombakan mesti sudah dimuat di media tempat peserta bekerja.
“Untuk sumber datanya, peserta boleh mendapat data TMMD dari lokasi kegiatan, atau dari hasil dokumentasi video dari Kodim, Korem dan Kodam untuk bahan pembuatan Karya Jurnalistik,” jelas Dandim 015 Bintan. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here