TNI AL Amankan 20 Karung Pasir Timah

0
968
SEBANYAK 20 karung pasir timah Pasir diamankan Lanal Dabo dari sebuah pompong. Pompong ini rencananya akan membawa Pasir timah ke Bangka-Belitung.F-ISTIMEWA

Jajaran Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dabo Singkep mengamankan satu unit kapal pompong yang membawa biji pasir timah di perairan Desa Sedamai, Kecamatan Singkep Pesisir, Rabu (26/5), kemarin.

LINGGA – Dalam melakukan penangkapan, Lanal mengunakan Patkamla Lanal Dabo dan mengamankan dua tersangka. ”Benar pihak jajaran Lanal Dabo Singkep telah melakukan penangkapan, sekaligus mengamankan dua tersangka beserta Barang Bukti (BB) tepatnya pada posisi 0° 21.953′ S -104° 39.514′ E perairan laut Desa Sedamai pada Rabu (16/5),” kata Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto M.Tr.Hanla, Danlanal Dabo Singkep, Senin (21/5).

Baca Juga :  BPH-Migas Tolak Usulan Kuota BBM

Agus Yudho Kristianto menyebutkan, penangkapan tersebut berawal dari informasi narasumber terpercaya tentang adanya kegiatan loading bijih pasir timah dari darat ke kapal pompong nelayan di perairan Sedamai.

Informasi tersebut, kemudian ditindaklanjuti dengan sigap oleh Patkamla Dabo Singkep yang sedang melaksanakan Patroli di sepanjang perairan Kote-Tanjung Kruing. ”Pada saat kapal pompong nelayan sedang melakukan aktivitas angkut biji pasir timah tersebut meninggalkan pantai Sedamai, kami khususnya Patkamla Dabo Singkep langsung melakukan penyekatan di laut kemudian dilaksanakan penghentian sehingga pompong tersebut dapat ditangkap,” paparnya.

Baca Juga :  Penataan Parkir di Dabo Ricuh

Pada saat ditangkap, kapal pompong nelayan dengan ciri-ciri cat kayu dan body kayu bermesin Dompeng 33 PK tersebut terbukti mengangkut 20 karung biji timah yang akan diselundupkan ke Pulau Bangka. Nahkoda dengan inisial LU dan seseorang yang bertugas mencari dan mengecek bijih timah dengan inisial YA pun langsung dikawal menuju Posmat TNI AL Dabo.

Menurut keterangan kedua tersangka, bijih timah tersebut dibeli dari penyedia barang berinisial “A” yang juga warga Desa Lanjut. Para pelaku beserta barang bukti pun kini diamankan di Mako Lanal Dabo Singkep, untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. (TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here