TNI AL Libatkan Warga Tangkal Ancaman

0
508
BACAKAN AMANAT: Danlanal Ranai Kolonel Laut (P)Tony Herdijanto saat membacakan amanat KSAL, kemarin. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ranai Kolonel Laut (P) Tony Herdijanto SE MSc memimpin upacara peringatan Hari jadi TNI Angkatan Laut ke-72. Upacara tersebut berlangsung di Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai di Jalan Soekarno-Hatta, Ranai, Senin (11/9).

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi yang dibacakannya mengatakan, pada hakekatnya upacara peringatan hari jadi TNI Angkatan Laut (TNI AL) memiliki tiga makna penting yang harus dipahami bersama.

Pertama, makna keimanan dan ketakwaan, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungannya selama 72 tahun masa pengabdian TNI AL.
Kedua, makna historis sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI AL dalam mengisi kemerdekaan serta menegakkan integritas, kedaulatan bangsa dan negara.
Ketiga, makna evaluatif sebagai momentum introspeksi dan evaluasi diri tentang kekurangan dan kelebihan pelaksanaan tugas di masa lalu, guna pemantapan dan penyempurnaan di masa mendatang.

HUT kali ini mengambil tema “Bersama Rakyat, TNI AL siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian”. Hal itu menunjukkan, bahwa TNI AL senantiasa menjunjung tinggi tekad dan komitmennya untuk terus bersama-sama dengan rakyat dan berusaha mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman, yang dapat mengganggu kelancaran, keberhasilan dan kesinambungan pembangunan nasional.

Implementasi nyata dari tema tersebut, TNI AL melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan kontribusi dan partisipasi rakyat seperti olahraga perairan, bakti sosial kesehatan berupa donor darah dan pengobatan massal, bersih-bersih pantai dan lomba-lomba yang disesuaikan dengan kearifan lokal pada masing-masing Kotama/Satker.

Kasal juga menekankan, kepada seluruh prajurit TNI AL sebagai pengantar tugas untuk dipedomani. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas diri sebagai prajurit TNI AL yang bermoral, profesional dan berani serta mempedomani dan menghormati hukum. Selain itu, prajurit TNI AL nilai-nilai demokrasi serta hak asasi manusia dalam setiap pelaksanaan tugas. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here