TNI-AU Tanggung Operasional Bandara

0
643
BANDARA: Pintu masuk Bandara Udara Ranai NatunaF-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Hingga kini pengoperasian Bandara Ranai masih menjadi tanggungan pihak TNI Angkatan Udara (TNI-AU). Dari total keseluruhan operasianal bandara itu, mulai dari sisi anggaran hingga peralatan dan bahkan personil masih kebanyakan dari Lanud. Bupati Natuna Hamid Rizal mengatakan peran Lanud RSA masih tinggi di bandara encluve sipil Natuna. ”Enclave sipil masih belum 100 persen terealisasi, karena operasionalnya masih ditanggung pihak Lanud. Satuan Pelaksana Tugas (Satpel) pengelolaan bandaranya, belum ada anggaran,” jelas Hamid Rizal, kemarin.

Baca Juga :  Mat Lazim Hilang Misterius di Laut

Menurutnya, hal ini lazim terjadi karena launching operasional bandara itu dilaksanakan pada bulan Mei tahun anggaran berjalan. Sehingga, pemerintah tidak mungkin menganggarkannya di pertengahan tahun. ”Ya, karena pengoperasiannya dimulai pertengahan tahun. Tahun depan Insya Allah tidak semua ditanggung Lanud,” tutupnya.

Komandan Lanud RSA Natuna Kolonel Pnb Azhar Aditama membenarkan hal itu. Menurutnya, penanggulangan itu dilakukan atas pertimbangan asas manfaat dan pelayanan masyarakat. ”Ya betul, Satpelnya belum ada anggaran tahun ini. Dan kami dari TNI AU mempertimbangkan, dari pada terminal yang megah dan besar itu menganggur. Maka kita tangani operasionalnya,” terang Azhar.

Baca Juga :  Tanjung Kapal Jadi Destinasi Wisata

Namun begitu, peran Satpel Bandara tetap berjalan seperti biasanya, sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. Sehingga, bandara bisa beroperasi secara penuh seperti biasa. (cr25)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here