TNI Gelar Tabur Bunga hingga Pamer Alutsista

0
149
Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, S. Sos saat menggelar tabur bungag di pusara Taman Makam Pahlawan, kamis (4/10/2018)

TANJUNGPINANG – TNI AD, AL dan AU menggelar ziarah bersama di Taman Makam Pahlawan (TMP), Pusara Bhakti di jalan Gatot Subroto Batu 5 Tanjungpinang, Kamis (4/10). Ziarah yang dipimpin Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, S. Sos ini sebagai salah satu acara peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-73.
Selain jajaran TNI Polri tampak juga sejumlah veteran dan anak pramuka dan ormas yang mengikuti upacara serta zarah bersama.

Sebagai Inspektur Upacara (Irup) Brigjen TNI Gabriel Lema, S. Sos memimpin penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan Pembacaan doa dan tabur bunga di pusara yang ada di TMP.

Kegiatan ini diikuti juga oleh Dantamal IV Tanjungpinang, Danlanud Tanjungpinang, Kopolres Tanjungpinang, Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Jalasenastri, serta Pia Ardhia Gharini beserta Pengurus, dan peserta ziarah lainnya.

“Menurut Danrem, kegiatan ziarah memiliki arti yang sangat penting. Di samping sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabhaktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa, juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai para pahlawannya,” kata Danrem usai menggelar ziarah bersama.
Kata Danrem, puncak acara peringatan HUT TNI jatuh pada 5 Oktober. “Ada banyak kegiatan yang dilakukan,” sambungnya.

Sementara itu, Danlanal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno menyebutkan di rangkaian acara TNI ini pihaknya ikut membantu melakukan penggalangan bantuan dana untuk bencana di Sulawesi Tengah.

TNI sudah membuat posko penerimaan bantuan yang dikoordinir oleh perwira teritorial pos Korem dan Lantamal. Saat inis sudah ada sekitar 3.500 mie instan dan tiga ton beras serta sejumlah pakaian baru dan pakaian bekas yang layak pakai. Masing-masing matra sudah memberikan imbauan ke internal dan keluar agar Masing masing individu membantu meringankan beban saudara kita di Sulawesi Tengah, terutaam di Donggala dan Palu,” sebut Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno.

Sambil terus mengumpulkan bantuan masuk, sebutnya, pihaknya juga sedang koordinasi dengan satuan yang lebih tinggi. Selain agar jumlahnya lebih banyak juga untuk memudahkan koordinasi pengangkutan bantuan.

“Pengangkutan bantuannya, bisa lewat udara dan sebagian bisa lewat laut” sebutnya.
Peringatan HUT TNI ini juga menggelar berbagai kegiatan untuk internal TNI maupun untuk masyarakat. Menurut Danlanud Tanjungpinang Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan S.T., M.M ada banyak kegiatan yang digelar sebagai rangkaian acara HUT TNI. Selain melakukan sejumlah turnamen olahraga seperti tenis lapangan dan bola voli, juga ada ziarah serta pameran alutista. “Ada juga lari gembira dan donor darah yang akan digelar pada Minggu (7/10) dan bia diikuti peserta umum. Silakan bergabung, ada doorprize-nya,” sebutnya.(jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here