TNI Latih Pedagang Mikro Berbisnis

0
93
Pedagang saat mengikuti pelatihan tehnik berbisnis andal di rangkaian kegiatan TMMD, Natuna.

NATUNA – Pedagang mikro dan Usaha Kecil menengah (UM\KM) di Kecamatan Pulau Tiga mendapatkan pelatihan berbisnis yang digelar Jumat (20/7).

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara TNI Manunggal Membangun Desa ke-102 yang dibuka oleh Pasiter Kodim 0318/Natuna Kapten Inf Bambang di Desa Sabang Mawang ke Desa Tanjungbatan Kecamatan Pulau Tiga.  Pihak TNI menghadirkan nara sumber dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Natuna Mernasusanti Kasih.
Menurut Mernasusanti Kasih UKM merupakan salah satu podasi perekonomian yang terkenal andal, hingga pelaku usaha kecil menengah mesti terus dilatih agar kreatif dan pandai emmbaca peluang usaha.

“Saat ini UKM menjadi salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara. Dan ini tidak hanya terjadi di negeri kita. Tumbuhnya UKM menjadi salah satu barometer meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Mernasusanti Kasih.

Selain itu, sambungnya, keberadaan UKM juga sangat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran, bahkan sudah banyak UKM yang bisa membuka lapangan kerja.

“Salah satu ciri-ciri UKM adalah menggunakan manajemen yang berdiri sendiri yang bertanda tidak ada pemisahan yang tegas antara pemilik dengan pengelola perusahaan. Pemiliknya ya sekaligus pengelola dalam UKM. Ada juga yang pemilik modal yang menyerahkan pegelolaan usahanya kepada orang lain. namun ini jumlahnya tdiak banyak,” sebutnya.

Mernasusanti Kasih menekankan agar UKM yang ada terus meningkatkan inovasinya dalam berbisnis termasuk mengakomodir kerajinan tangan, agar terus meningkatkan kualitasnya hingga bisa bersaing di pasar yang lebih luas termasuk pasar luar negeri. Natuna ini Kabupaten yang berada paling utara di Selat Karimata.

“Kita kaya akan ikan. Ini dapat menjadikan penduduk untuk mengembangkan ekonomi lokal tentang perikanan yaitu contohnya kerupuk ikan,” sebutnya. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here