TNI Sosialisasi Bahaya Rokok ke Siswa

0
259
PERSONIL Kodim 0317/ Karimun saat memandu siswa mengikuti game di sela-sela sosialisasi bahaya merokok ke pelajar SMP dan MTS di Kundur, Senin (16/4). F-istimewa

Rangkaian TMMD ke-101 Kodim 0317 Karimun

Setelah membangun jalan raya dan jembatan, Prajurit Kodim 0317/Karimun bersama pihak Pemkab Karimun mengumpulan siswa SMP dan MTS di Kundur, pada Senin (16/4) pagi.

KARIMUN – Salah satu tujuannya untuk menggelar kegiatan wisata Matematika bela negara yang masuk rangkaian acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101. Acara yang berlangsung di ruang pertemuan SMPN 1 Kundur, Kabupaten Karimun itu banyak memaparkan tentang bahaya dan dampak negatif dari rokok. Peserta yang hadir saat itu merupakan siswa-siswi SMP/MTS wilayah Kecamatan Kundur, Ungar, Kundur Barat, Kundur Utara, dan Belat. Dari pihak Kodim Karimun diwakili Pasiter Kodim 0317/TBK Kapten Inf Taufik Sihombing, dan dari Dinas Pendidikan Karimun diwakili Kabid Pembinaan SMP, Sugito, serta dari Dinas Kesehatan Masyarakat Kabupaten Karimun dihadiri Kabid Kesehatan Masyarakat Ema Yanti serta beberapa pejabat Pemkab Karimun lainnya.

Kabid Pembinaan SMP Pendidikan Sugito menyebutkan, agar siswa-siswi SMP sukses mencapai cita-cita mesti menanamkan karakter pada diri masing-masing serta mesti memiliki moral yang baik dan teguh imannya.

”Siswa-siswi SMP harus sudah bisa membangun komunikasi yang baik dengan sesama siswa maupun dengan guru, serta harus kreatif dan inovatif,” saran Sugito.

Ema Yanti selaku Kabid Kesehatan Masyarakat mewanti-wanti agar siswa-siswi tidak terpengaruh dengan rokok. Menurut Ema Yanti, rokok mengandung zat adiktif yang mengakibatkan kecanduan.

”Siswa tidak boleh menyentuh rokok meski di luar sekolah. Untuk wilayah sekolah saat ini siapapun tidak boleh merokok dan kawasan sekolah harus 100 persen bebas dari asap rokok,” sebutnya.

Disinggung Ema pula, orang yang ketagihan merokok mengakibatkan badan tidak merasa nyaman, gairah pun berkurang serta rawan terkena penyakit jantung, kanker, paru-paru dan penyakit lainnya.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0317/TBK Kapten Inf Taufik Sihombing menyampaikan pihaknya sengaja mengundang pejabat Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan untuk memberikan pemahaman ke siswa-siswi tentang bahayanya merokok. ”Kegiatan ini bagian dari rangkaian kegiatan TMMD,” sebutnya.

Setelah istiriahat siang, acara Kegiatan Wisata Matematika Bela Negara dilanjutkan dengan materi pengenalan Senjata SS 1 V 1 di Kantor Koramil 03 Kundur. Selanjutnya para siswa-siswi SMP dan MTS itu mengikuti materi PBB dan Out Bond.(ZAKMI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here